Mama Pedagang Noken Saga Mal : Satu Hari Cukup untuk Makan

share on:
Mama Papua dagangkan noken rajutannya pada suatu acara di Kota Jayapura  -Jubi/Abeth You
Mama Papua dagangkan noken rajutannya pada suatu acara di Kota Jayapura -Jubi/Abeth You

Jayapura, Jubi – Walau Noken semakin diminati anak-anak muda, penghasilan Mama Mama Pedagang Noken di depan Saga Mal, Abepura, hanya cukup untuk makan sehari-hari, itupun jika laku.

Hal tersebut dikatakan Mama Ika Munipa, penjual Noken di depan Saga Mall Abepura, saat ditemui Jubi Rabu siang (27/7/2016).

“Biasa paling laku itu noken asli, satu hari cukup untuk uang makan. Kadang satu hari 2- 4 noken terjual tetapi kadang juga jualan noken saya tidak laku. Satu noken dihargai 200ribu tergantung ukuran, baik noken asli maupun noken (benang). Yang paling rumit itu noken asli karena bahannya harus dikirim dari kampung,” kata dia.

Mama Ika mengatakan pembuatan Noken selain karena kemauan dan inisiatif Mama Mama, juga sesuai permintaan konsumen, seperti penulisan nama atau motif bintang kejora di Noken.

Proses pembuatan Noken bisa memakan waktu 3-4 hari tergantung ukuran. Satu Noken menghabiskan 4 gulung benang yang dibelinya di pasar seharga 10.000 ribu.

Mama Ika mengaku dirinya harus bersaing dengan warga non Papua yang mulai membuat dan menjual noken di pingiran jalan di depan Bank Papua, lampu merah dan Saga Mall.

“Sebenarnya saya kesal, tapi mau bagaimana lagi tidak ada teman-teman yang tegur mereka jadi kami biarkan saja. Kami jualan sendiri-sendiri, saya dari Jayapura tiap sore datang jualan di depan Saga Mall ini,” tutur mama Ika, sambil menganyam noken.

Menurut Fransiska, mahasiswa perguruan tinggi swasta di Jayapura, yang ditemui saat membeli noken, dia sangat menyukai Noken asli karena unik.

“Noken asli lebih unik, bagus dibawa ke kampus maupun jalan-jalan. Noken yang di buat Mama Mama Papua juga bagus dan rapi. Pokoknya senang saja bawa Noken,” tutur Mahasiswa asal Toraja ini. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mama Pedagang Noken Saga Mal : Satu Hari Cukup untuk Makan