1945 Bendera Merah Putih Akan Hiasai Wajah Perbatasan RI-PNG

share on:
Wilayah perbatasan RI-PNG – Jubi/Roy Ratumakin.
Wilayah perbatasan RI-PNG – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Sebanyak 1945 bendera merah putih akan menghiasi desa-desa yang berada di wilayah Distrik Muara Tami hingga Distrik Arso Timur dalam rangka mengambut HUT RI ke-71 pada 17 Agustus 2016 mendatang. Hal ini dikatakan Komandan Satgas Pamtas Yonif 122/TS, Letkol Inf Korih kepada wartawan, Sabtu (30/7/2016).

“Kami akan memberikan bendera beserta tiang kepada masyarakat yang ada di wilayah perbatasan. Setelah diterima langsung akan ditanam di depan rumah mereka. Ini wujud kepedulian kami terhadap masyarakat yang ada di perbatasan RI-PNG,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan menaikan bendera di enam patok perbatasan yang merupakan wilayah tugas dari Satgas Pamtas Yonif 122/TS.

“Untuk di Patok, akan kami naikkan tepat pada pukul 10.00 WIT sesuai dengan waktu kenaikan bendera merah putih yang dilakukan di seluruh provinsi yang ada di Papua. Jadi kami naikan juga serentak,” ujarnya.

Terkait dengan situasi terkini diperbatasan, ia mengaku sejauh ini sejak satuannya bertugas di perbatasan pertengahan bulan ini, masih aman dan terkendali.

“Aman, dan kami berharap tetap aman, karena kami datang ke sini bukan untuk berperang. Kami datang kesini untuk membantu masyarakat dan pemerintah Papua untuk menjaga territorial RI. Kami juga berarap masyarakat disini juga mendukung apa yang kami lakukan,” katanya.

Salah satu prajurit yang enggan menyebutkan namanya menyebutkan bahwa medan di papua cukup berat apalagi bertugas di wilayah pertabasan yang menghubungkan kedua Negara.

“Memang sulit, tetapi kita harus tetap menjaganya karena ini merupakan amanah,” katanya.

Mengenai kondisi cuaca, dirinya mengatakan bahwa cuaca di Papua tidak jauh berbeda dengan cuaca di wilayah Indonesia lainnya namun yang paling ditakuti adalah penyakit malaria.

“Malaria menjadi momok bagi kami, kami berharap selama bertugas disini,” ujarnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  1945 Bendera Merah Putih Akan Hiasai Wajah Perbatasan RI-PNG