Belum Ada Pendamping, Dana Prospek Mamteng Belum Cair

share on:
Bupati Mamteng, Riki Ham Pagawak bersama Gubernur Papua dalam kunjungan kerjanya ke Mamteng beberapa waktu lalu - Jubi/Engel Wally
Bupati Mamteng, Riki Ham Pagawak bersama Gubernur Papua dalam kunjungan kerjanya ke Mamteng beberapa waktu lalu – Jubi/Engel Wally

Jayapura, Jubi – Akibat belum adanya tenaga pendamping, dana Prospek 2016 dari pemerintah provinsi Papua untuk Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) belum bisa dicairkan.

Bupati Mamberamo Tengah Ham Pagawak kepada wartawan, di Jayapura, Senin (1/8/2016) mengaku sampai saat ini pihaknya masih menungu tenaga pendamping dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Provinsi Papua.

“Kami masih menunggu tenaga pendamping yang dibentuk BPMK Papua,” katanya.

Menurut ia, tahun lalu setiap kampung di wilayahnya mendapat anggaran prospek sebesar Rp100 juta atau sekitar Rp12 miliar untuk 60 kampung.

“Penggunaan dana prospek tahun lalu sudah sesuai dengan prosedur, hal ini disebabkan adanya fungsi kontrol dari pemerintah,” ujarnya.

Sementara untuk mengontrol atau mengawasi penggunaan dana prospek di wilayahnya, ujar Pagawak, pihaknya menurunkan staf guna melihat perkembangan di kampung dan diawasi langsung staf baik dana desa maupun dana prospek.

“Saya menerapkan sistem staf harus berani, sehingga pembangunan dan kemajuan di Mamteng saat ini sangat luar biasa,” kata Pagawak.

Meskipun demikian, Pagawak katakan tingkat kemahalan harga di Mamteng masih disebabkan oleh transportasi. Mengingat hanya pesawat saja yang bisa digunakan. Seperti harga semen saja di Mamteng mencapai Rp2 juta per sak. Sementara untuk mengangkut bahan material harus mencarter pesawat caravan.

Sebelumnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua Donatus Motte mengatakan Pemerintah Provinsi Papua telah merekrut sebanyak 1200 orang tenaga pendamping dana desa yang akan ditempatkan di kabupaten/kota se-Papua.

“Perekrutan tenaga pendamping untuk mengisi kebutuhan yang masih kurang, dimana pada Desember 2015 telah ditempatkan sebanyak 660 orang,” ujarnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Belum Ada Pendamping, Dana Prospek Mamteng Belum Cair