33 Pramuka Kota Sorong Akan Ikuti Jamnas di Cibubur

share on:
Pramuka penggalang kontingen Kota Sorong yang akan berangkat ke Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta, 12-20 Agustus 2016 - Jubi/Niko MB
Pramuka penggalang kontingen Kota Sorong yang akan berangkat ke Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta, 12-20 Agustus 2016 – Jubi/Niko MB

Sorong, Jubi – Sebanyak 33 anggota pramuka penggalang putra dan putri terpilih sebagai kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Sorong ke arena Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka yang akan digelar di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta 12-20 Agustus 2016.

Ketua Panitia Pelaksana Jambore Pramuka Cabang Sorong Hasan Yusuf Matani mengatakan, ke-33 peserta hasil seleksi dari 31 gugus depan (Gudep) di Kota Sorong.

“Ada 31 Gudep Sekolah Dasar dan SLTP yang kami seleksi, tapi setelah diseleksi yang lolos hanya dari 20 Gudep, peserta yang diseleksi 29 orang dari Gudep di SD dan 11 orang dari SLTP,” katanya Selasa (2/8).

Hasan mengatakan, aspek penilaian seleksi adalah keaktifan anak mengikuti kegiatan pramuka, serta kecerdasan dan keterampilan. “Kita seleksi dengan baik,” katanya.

Anggaran pengiriman kontingen, termasuk pembina pendamping ditanggung Pemerintah Kota Sorong. Menurut Hasan, kegiatan Jambore Nasional tersebut juga lanjutan dari Jambore Cabang Gerakan Pramuka Kota Sorong yang diadakan Februari 2016. Semua kegiatan ditanggung Pemko Sorong.

Terkait aktivitas Gerakan Pramuka di sekolah, Hasan berharap kepala Dinas Pendidikan Kota Sorong mengimbau sekolah-sekolah untuk mengaktifkan kembali kegiatan pramuka.

“Kegiatan pramuka ini kan di sekolah, jadi baiknya dari Dinas Pendidikan menyerukan kepada pengurus sekolah agar mengaktifkan kembali kegiatan pramuka,” ujarnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sorong Petronela Kambuaya merespon baik kegiatan Pramuka. Menurutnya, Pramuka merupakan kegiatan yang dapat melatih mental seseorang untuk menjadi lebih baik.

“Kegiatan Pramuka itu bagus, harus ditingkatkan, karena pada Gerakan Pramuka ada kegiatan-kegiatan positif seperti melatih keterampilan, menjadi pemimpin yang baik, menumbuhkembangkan rasa kepedulian, dan persaudaraan antar sesama, jadi generasi sekarang harus mengikuti pramuka,” kata Petronela.

Jamnas merupakan pertemuan pramuka tingkat Penggalang (usia 11-15 tahun) dari kabupaten dan kota se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) sekali lima tahun. Jamnas pertama kali digelar di Situ Baru, Jakarta pada 1973. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  33 Pramuka Kota Sorong Akan Ikuti Jamnas di Cibubur