Anggota DPD: Pahami dan Manfaatkan Program Amnesti Pajak

share on:
Ilustrasi - Dok. Jubi
Ilustrasi – Dok. Jubi

Bandar Lampung, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Lampung mengingatkan, pajak merupakan tumpuan utama APBN, atau 85 persen dari total APBN, sehingga sektor pajak diharapkan benar-benar efektif agar target pajak bisa tercapai.

“Pencapaian target pajak itu memerlukan dukungan dengan pemahaman masyarakat tentang manfaat pajak termasuk soal amnesti pajak agar dapat secara persuasif memenuhi kewajiban pajak masing-masing,” kata Andi Surya, anggota DPD, saat reses di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung, di Bandarlampung, Senin (1/8/2016).

“Seyogyanya ada konsekuensi jika tidak membayar pajak bagi wajib pajak, karena itu merupakan tindakan pidana, pelanggaran hukum. Itu untuk memberikan efek jera,” ujar dia.

Di luar itu, ia berharap, pemahaman masyarakat tentang wajib pajak, tidak hanya badan tetapi bagi perorangan secara umum, harus ditingkatkan.

Selain itu, juga dibutuhkan upaya peningkatan sosialisasi ke perguruan tinggi, dengan memanfaatkan kaum intelektual mahasiswa sebagai agen, katanya lagi.

Andi juga mendukung amnesti pajak sesuai Undang Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak dan diterbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 118/PMK.03/2016 tentang Pelaksanaan UU Pengampunan Pajak itu.

Menurut dia, fasilitas amnesti pajak akan didapat oleh Wajib Pajak yang mengikuti Program Amnesti Pajak, antara lain penghapusan pajak terutang (PPh dan PPN dan/atau PPn BM), sanksi administrasi, dan sanksi pidana yang belum diterbitkan ketetapan pajaknya; dan penghapusan sanksi administrasi atas ketetapan pajak yang telah diterbitkan.

Terpisahm Rida Handanu, Kepala Kantor Wilayah DJP Bengkulu dan Lampung mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan ruangan untuk wajib pajak.

“Bank Mandiri, BRI, BNI sudah siap juga untuk menerima hasil dari tax amnesti. Pamflet-pamflet di Bandarlampung sudah dibuat di beberapa tempat dan akan diperbanyak,” katanya lagi.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Anggota DPD: Pahami dan Manfaatkan Program Amnesti Pajak