Pemkab Mimika Sediakan Lahan PLTMG

share on:
Ilustrasi PLTMG di Rawa Minyak, Riau - listrik.org
Ilustrasi PLTMG di Rawa Minyak, Riau – listrik.org

Timika, Jubi – Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua telah menyediakan lahan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) di kawasan Pelabuhan Paumako, Distrik Mimika Timur.

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang mengatakan, Pemkab Mimika memberikan tiga alternatif lokasi kepada PT PLN (Persero) untuk membangun pembangkit listrik tersebut .

“Kami berikan mereka tiga lokasi sebagai alternatif, tinggal PLN memilih lokasi mana yang nantinya akan dibangun PLTMG atau PLTU itu,” kata Bassang di Timika, Selasa (8/2).

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu bertemu jajaran direksi PT PLN di Jakarta untuk membicarakan rencana pembangunan PLTMG atau PLTU tersebut.

“Pada prinsipnya kami dari Pemkab Mimika siap membantu, tinggal PLN menentukan lokasi di mana, nanti pemda yang akan bebaskan, ada juga lokasi yang sudah kami bebaskan, silakan PLN menggunakan lokasi tersebut,” ujarnya.

Manajer PLN Area Timika Salmon Kareth beberapa waktu lalu mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu terbit izin prinsip dari Bupati Mimika tentang penetapan lokasi pembangunan PLTMG atau PLTU Timika.

Izin prinsip dari Bupati Mimika itu, katanya, diperlukan agar PLN bisa segera merealisasikan pembangunan PLTMG.

“Kami sudah mengirim surat kepada Bupati Mimika agar segera memberikan izin prinsip untuk pembebasan lahan dan penetapan lokasi yang akan dibangun PLTMG, kalau beliau merasa peduli dengan kehadiran PLTMG ini dapat membantu masyarakat Mimika, maka sebaiknya perizinan tersebut bisa segera diproses,” ujar Salmon.

Proyek PLTU dan PLTMG Timika telah direncanakan sejak lama. Namun karena masalah lahan yang berpindah-pindah mengakibatkan pekerjaan proyek tersebut hingga kini belum juga dimulai.

Menurut Salmon, PLN menargetkan proyek PLTMG Timika bisa dikerjakan paling lambat 2017.

PLTMG Timika awalnya direncanakan berkapasitas 10 megawatt. Namun melihat perkembangan pembangunan di Kota Timika yang sangat pesat, maka PLTMG yang nantinya dibangun di kawasan Pelabuhan Paumako tersebut diproyeksikan hingga 50 Megawatt.(*)

Editor : Syofiardi
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Mimika Sediakan Lahan PLTMG