Puluhan Burung Disita dari Oknum Anggota TNI Lantamal XI Merauke

share on:
Kepala KSDA Wilayah Merauke, Yasman - Jubi/Frans L Kobun
Kepala KSDA Wilayah Merauke, Yasman – Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah Merauke menyita puluhan burung dari seorang oknum anggota TNI di Lantamal XI, berinisial HP di rumahnya yang berada di seputaran Jalan Ternate, Senin (1/8/2016) sekitar pukul 13.30 WIT.

Kepala KSDA Wilayah Merauke, Yasman kepada wartawan di ruang kerjanya Selasa  (2/8/2016) mengatakan, burung yang disita adalah kakatua jambul kuning  59 ekor, 2 kakatua raja, 1 ekor nuri kepala hitam, 1 ekor burung bayan serta 5 ekor perkici pelangi.

“Memang betul bahwa satwa burung itu adalah milik oknum anggota TNI yang bertugas di Lantamal XI Merauke. Satwa yang ada diamankan di rumahnya di seputaran Jalan Ternate,” katanya.

Terhadap pelaku, demikian Yasman, harus tetap diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Kami melakukan koordinasi dengan POM Angkatan Laut guna  melakukan pemeriksaan. Nanti, kita akan berikan keterangan juga jika dimintakan, terkait operasi penangkapan burung-burung tersebut,”  ujarnya.

Yasman mengatakan burung-burung itu akan dilepas ke habitatnya. Namun demikian, proses hukum  terhadap pelaku, harus tetap dilakukan.

Sementara Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal XI Merauke, Mayor Mayor Dedy membenarkan jika salah seorang anggota di Lantamal sedang dalam proses pemeriksaan oleh Pomal, lantaran mengambil puluhan ekor burung.

Oknum anggota tersebut, jelas Kadispen, selama ini, tidak tinggal di asrama, tetapi berada di luar.

“Ya, jika dalam pemeriksaan bersangkutan terbukti mengambil burung-burung tersebut, akan ditindak sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puluhan Burung Disita dari Oknum Anggota TNI Lantamal XI Merauke