Tarif Listrik Bulan Agustus di Sorong Menurun

share on:
Ilustrasi meteran listrik - muri.org
Ilustrasi meteran listrik – muri.org

Sorong, Jubi – Tarif tenaga listrik (tariff adjusment) di Sorong sesuai tarif yang berlaku secara nasional bulan Agustus 2016 sebesar Rp 1.410,12 dari bulan Juli yang ditetapkan Rp 1.412,66. Itu berarti terjadi penurunan sebesar Rp 2,54.

Menurut Manajer PLN area Sorong Aep Saepudin naik turunnya tarif listrik tiap bulan sesuai peraturan Menteri ESDM nomor 31 tahun 2014 tentang tarif tenaga listrik.

Sejak 1 Januari 2015 tariff adjustment diberlakukan berarti perubahan tarif listrik tiap bulannya menyesuaikan pada perubahan nilai tukar rupiah, harga bahan bakar serta inflasi bulanan.

“Dan salah satu indikator terkuat turunnya tarif listrik bulan Agusutus ini adalah semakin menguatnya rupiah terhadap dolar Amerika,” katanya kepada Jubi di Sorong, Rabu (3/8/2016).

Perubahan ini berlaku untuk golongan rumah tangga dengan daya lebih dari 1.300 VA, golongan bisnis di atas 6.600 VA, industri di atas 200.000 VA, kantor pemerintah di atas 6.600 VA, lampu penerang jalan, dan layanan khusus.
“Namun penurunan tarif ini tidak berlaku untuk golongan rumah tangga kecil 450 VA dan 900 VA, bisnis dan industri kecil serta pelanggan sosial,” katanya.

Warga Kilo 10, Sorong, yang merupakan pensiunan guru di Sorong, Mama Angel mengaku tidak pernah mengetahui kapan penurunan tarif listrik. Dirinya hanya mengetahui tarif listrik itu selalu mengalami kenaikan setelah mendapatkan informasi.

“Saya ini orang awam, saya tidak pernah tahu kalau tarif listrik turun, tapi kalau listrik naik saya tahu, karna dorang info banyak,” kata Mama Angel. (Florence Niken)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tarif Listrik Bulan Agustus di Sorong Menurun