Dishub Papua Fokus Pembenahan Pelabuhan dan Bandara

share on:
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua, Djuli Mambaya Didampingi Para staf - Jubi/Alex
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua, Djuli Mambaya Didampingi Para staf – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Bandara dan pelabuhan merupakan target utama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua dalam menekan harga yang cukup tinggi di Papua termasuk terminal atau transportasi yang terintegrasi antara udara, laut dan darat.

Kepala Dinas Perhubungan Papua Djuli Mambaya, di Jayapura, Jumat (5/8/2016) mengatakan untuk udara akan dilakukan pembangunan bandara perintis, di mana bandara besar akan diperbaiki untuk mendukung akselerasi transportasi di Papua.

Sedangkan darat, lanjutnya, pihaknya akan memperbaiki terminal supaya tidak macet, lalu laut akan memperbaiki atau membangun pelabuhan yang ada di Papua.

“Komitmen kami adalah bagaimana menterjemahkan apa yang menjadi visi misi gubernur dalam setiap program di Dishub, di mana memfokuskan pembangunan infrastruktur perhubungan udara, darat dan laut,” katanya.

Menurut ia, arah pembangunan serta pembenahan untuk mendukung visi dan misi gubernur ini akan dimulai dari wilayah selatan yaitu Kabupaten Merauke. Mengingat jalan antara Asmat dan Batu Kenyam-Nduga serta Abena-Wamena sudah terbuka.

“Kami bertugas memperbaiki akses pelabuhan pada wilayah tersebut terutama untuk menekan harga di wilayah pegunungan, karena dengan terbukanya akses dari selatan maka rakyat akan mendapat harga yang murah,” ucapnya.

Dia menambahkan wilayah selatan merupakan alternatif yang sangat tepat untuk membangun infrastruktur guna menekan harga tinggi di Papua terutama di kawasan pegunungan.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe menyambut baik program tol laut untuk menghubungkan antar pulau yang ada di Indonesia.

Namun disatu sisi, Provinsi Papua masih akan melihat perkembangannya seperti apa, karena belum tahu persis konsep tol laut itu seperti apa. Tapi jika program ini sukses, maka akan memudahkan wilayah timur Indonesia dalam hal pengangkutan serta meminimalisir tingkat kemahalan harga barang dari Pulau Jawa dan sekitarnya.

“Kemudahan kemudahan ini yang kami sambut baik. Saya pikir harus ada kesiapan orang Papua kalau tol laut ini terwujud,” kata Enembe. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dishub Papua Fokus Pembenahan Pelabuhan dan Bandara