Festival Teluk Humbolt Sepi Pengunjung

share on:
Salah satu tarian yang dibawakan oleh sanggar tarian dari Kampung Yoka yang dibawakan di Festival Teluk Humboldt, Rabu (5/8/2015) - Jubi/Roy Ratumakin.
Salah satu tarian yang dibawakan oleh sanggar tarian dari Kampung Yoka yang dibawakan di Festival Teluk Humboldt, Rabu (5/8/2015) – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Hari kedua pelaksanaan Festival Teluk Humbolt kedelapan di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Kamis (4/8/2016) sepi dari pengunjung.

Menurut salah seorang pengunjung, yang juga seniman dan budayawan tanah Tabi, Theo Yepesi, sepinya pengunjung karena kurang sosialisasi. Padahal situasi seperti itu dialami sejak lima tahun terakhir. Pengunjung tahun ini pun lebih minim daripada tahun kemarin.

Menurut Theo sedianya promosi dilakukan setahun sebelum festival digelar.

Pemerintah juga disebutnya tak menandatangani kontrak dengan sanggar-sanggar dan kampung-kampung untuk mengisi acara saat festival berlangsung.

“Festival ini kegunaanya untuk apa? Semua yang terlibat itu mestinya diteken kontrak untuk mengikuti festival,” katanya kepada Jubi di Hamadi, Kamis (4/8/2016).

Ia juga berpendapat materi pertunjukan perlu dimantapkan, semisal atraksi atau perlombaan dan kesenian-kesenian lainnya.

“Kemudian bagaimana menggunakan laut dengan baik, harusnya ada perahu layar yang dilayangkan. Ini mendukung bisa menari dan berlomba menggunakan perahu di atas air,” katanya.

Festival itu dinilainya juga kurang menonjolkan potensi lokal. Padahal festival budaya tersebut dihelat untuk mempromosikan budaya Port Numbay.

“Kita bicara tanah Tabi luar, tetapi jikalau bicara Port Numbay harus ada nuansa Port Numbay, bukan hanya ditonjolkan batiknya saja atau makanan khasnya saja,” katanya.

Penjual aksesori Papua Ones Wakum mengatakan Pemerintah Kota Jayapura seharusnya memperhatikan stan-stan jualan peserta festival.

“Mereka (maksudnya peserta atau warga yang datang menjual aksesori) datang juga untuk mensponsori acara Festival Teluk Humbolt karena mereka yang akan memeriahkan acara ini,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Festival Teluk Humbolt Sepi Pengunjung