Penumpang Kapal Pelni Turun 30 Persen

share on:
Kapal Penumpang Sinabung - Dok. Jubi
Kapal Penumpang Sinabung – Dok. Jubi

Jayapura, Jubi – Manajemen PT Pelni Cabang Jayapura mengungkapkan, jumlah penumpang kapal selama semester I 2016 mengalami penurunan hingga 30 persen dibanding periode sebelumnya pada 2015.

“Semester I-2015 penumpang yang terangkut kurang-lebih 30.000 orang untuk lima kapal, sedangkan periode yang sama 2016 hanya berkisar 26.000 orang,” ujar Kamaruzzaman, kepala PT Pelni Cabang Jayapura, di Jayapura Kamis (4/8/2016).

Penyebab turunnya jumlah penumpang adalah imbas dari kebijakan pemerintah mengenai pembatasan kursi (seat) untuk kapal Pelni dan faktor lainnya.

“Selain pembatasan ‘seat’, penyebab turunnya pengguna kapal Pelni adalah harga tiket pesawat yang cukup bersaing dengan harga tiket kapal Pelni,” katanya.

Hal ini terlihat karena pengguna kapal Pelni lebih dominan adalah penumpang dengan rute dekat atau perjalanan di dalam wilayah Papua, sementara rute jauh atau diluar Papua sangat minim.

“Sekarang harga tiket pesawat bersaing dengan harga tiket kapal Pelni, apalagi kalau ‘low season’, orang lebih memilih menggunakan pesawat terlebih yang rute jauh,” ujarnya.

Kamaruzzaman menambahkan, jumlah penumpang semester I-2016 dibandingkan sepanjang tahun 2015, masih seimbang lantaran masih ada arus balik pasca Natal dan tahun baru.

Ia mengaku tetap optimistis target jumlah penumpang kapal Pelni sebanyak 60.000 orang hingga akhir tahun ini tercapai. “Kami optimis dapat tercapai hingga akhir tahun ini, karena secara histori menjelang akhir tahun jumlah penumpang membludak,” katanya. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Penumpang Kapal Pelni Turun 30 Persen