Terbukti, Alfredo Raih Poin Sempurna

share on:
Ferinando Pahabol akan menjadi tulang punggung dilini depan Persipura – Jubi/Roy Ratumakin
Ferinando Pahabol akan menjadi tulang punggung dilini depan Persipura – Jubi/Roy Ratumakin

Jayapura, Jubi- Akhirnya Angel Alfredo Vera mampu membuktikan, bahwa Boaz T Solossa dan kawan-kawan masih bertaji. Pasalnya ucapannya sebelum bertanding akan meraih point sempurna, ternyata terwujud  dengan kemenangan laga perdana saat pertama kali membesut Persipura.

Kemenangan ini diawali dengan penampilan perdana Marinus Manewar pemain muda Persipura. Umpan crossing dari sisi kanan berhasil disambar Manewar dan gol.Berikutnya sang kapten Boaz mampu menambah kemenangan setelah sempat disamakan Surabaya Bhayangkara United hingga skor akhir 2-1.

Strategi pelatih Alfredo berhasil dengan menurunkan pemain muda M Tahir, Manewar dan Osvaldo Chaay. Kelebihan berikutnya adalah Alfredo memasukan Ferinando Pahabol babak kedua menggantikan Osvaldo Chaay sehingga menambah daya gedor Persipura. Tak heran kalau umpan silang Ferinando Pahabol dari sisi kiri Surabaya United mampu disambar Boaz dan gol.

Kombinasi pemain muda dan senior dengan menempatkan tiga gelandang Ian Kabes, M Tahir dan Nelson Alom mampu mengimbangi permainan lini tengah Surabaya United yang dimotori Evan Dimas. Trend positif yang dibawa pelatih Vera dan asisten Toni Ho bisa membawa angin baru dalam mengatur strategi bagi kemenangan  Mutiara Hitam.

Salah satu pekerjaan rumah bagi pelatih Alfredo adalah belum menurunkan pemain tengah Nerius Alom pemain terbaik 2014 Semen Padang U21. Seandainya pemain muda ini mendapat tempat di dalam laga selanjutnya tim Mutiara Hitam tak pernah kekurangan pemain tengah. Walau pun eks defender Persipura Jack Komboy menyarankan sebaiknya Persipura mencari pemain gelandang seperti Erick Weaks untuk menjadi play maker di lini tengah Persipura.

Kombinasi pemain muda Persipura dan senior sangat penting untuk menjaga keseimbangan tim sehingga tak ada pengaruh saat bertanding. Sekadar perbandingan pelatih lama Jafri Sastra saat pertama kali menukangi Persipura mendapat tekanan besar sehingga lebih percaya kepada pemain senior. Padahal pemain senior juga secara fisik dan stamina menurun karena rata-rata usia mereka sudah berkepala tiga.

Strategi memakai kombinasi pemain senior dalam laga melawan Surabaya United telah memberikan harapan baru bagi permainan kolektif Persipura di laga berikutnya. Materi pemain depan muda Persipura Ricky Kayame, Marinus Manewar. Osvaldo Chay ditambah Lukas Mandowen.

Pencetak gol perdana Marinus Manewar pertama kali memperkuat Reliv Christa dan selama sebulan mengikuti try out di Belanda. Pemain terbaik selama di Belanda ini sempat dipanggil memperkuat Persipura.
Pemain berusia 20 tahun ini ikut bergabung Persipura pada Maret 2016 lalu dan ikut ujicoba dalam rangkaian pemusatan latihan di Batu Rabu (9/3/2016).

Marinus punya pengalaman mengikuti sebuah turnamen usia 19 tahun di Belanda.Dia pernah dibawa oleh promotor Le Cheval Sasando selama bulan Mei 2015 lalu di Negeri Kincir angin. Lewat program training camp dan pencarian bakat, Marinus pernah jadi top scorer dalam sebuah turnamen junior di wilayah Rosmalen, Belanda.(*)

Editor : Dominggus Mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Terbukti, Alfredo Raih Poin Sempurna