Dispenda Jayapura Uji Petik Retribusi Parkir untuk Kejar Target PAD

share on:
Juru parkir di Kota Jayapura - Jubi/Sindung
Juru parkir di Kota Jayapura – Jubi/Sindung

Jayapura Jubi – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Jayapura menertibkan petugas lapangan dan melakukan uji petik penarikan jasa restribusi parkir untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Bidang Pendaftaran dan Pendataan Dispenda Kota Jayapura Robby K. Alwi mengatakan, hal itu dilakukan karena penarikan retribusi dari jasa parkir belum mencapai target.

“Kami telah melakukan evaluasi dan melakukan uji petik dengan menempatkan juru parkir resmi seminggu ini,” katanya kepada Jubi di ruang kerjanya, Senin (01/08/16).

Target PAD 2016 dari jasa parkir Rp1,25 miliar. Target yang sudah dicapai hingga Agustus ini baru Rp532 juta atau 41,05 persen. Kekurangan Rp751 juta mesti dikejar dalam lima bulan ini. Retribusi ini berasal dari jasa parkirsesuai Perda No. 12 sebesar Rp1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp2.000 untuk mobil.

Menurut Robby, saat ini terdapat 90 orang petugas parkir di empat distrik, Abepura, Jayapura Selatan, Heram, dan Jayapura Utara. Pemungutan retribusi hanya efektif di empat di distrik karena distrik lain tidak bisa dilakukan.

Distrik Heram, katanya, Dispenda tidak bisa lagi memungut karena beberapa waktu lalu penjaga parkir liar membuat onar. Sedangkan di Muara Tami terlalu jauh untuk dijangakau.

Untuk mengefektifkan pemungutan, di jalan umum wilayah Jayapura Utara, khusus di jantung kota Jalan Ahmad Yani dan Jalan Percetakan pihaknya menggunakan shift. Sebanyak 79 petugas diturunkan diawasi Satuan Pamong Praja.

“Selama seminggu kami melakukan uji petik melihat potensi untuk kita tata lagi lebih baik, sehingga para pengguna parkir tidak mengeluh lagi,” katanya.

Salah satu kendala yang dihadapi Dispenda, adanya juru parkir liar dan yang sambil mabuk. Juru parkir di Lingkaran Abe, Donatus Wamo membenarkan hal ini. “Saya harap pemerintah lebih serius menangani hal ini,” katanya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dispenda Jayapura Uji Petik Retribusi Parkir untuk Kejar Target PAD