Diskop Sulut Kembangkan Koperasi Sektor Perikanan, Pertanian, dan Perkebunan

share on:
Potensi perikanan di Sulut - IST
Potensi perikanan di Sulut – IST

Manado, Jubi – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rene Hosang, mengatakan pihaknya akan mengembangkan koperasi pada sektor perikanan, pertanian dan perkebunan di daerah tersebut.

“Pemerintah menilai sektor perikanan, pertanian dan perkebunan sangat menjanjikan sehingga akan lebih ditingkatkan lagi,” kata Rene di Manado, Senin (8/8/2016).

Memang, katanya, koperasi di tiga sektor tersebut sudah ada, namun masih sangat minim, padahal potensi yang ada cukup besar.

Pemerintah, katanya, akan memanfaatkan potensi ini untuk meningkatkan sektor riil.

“Jika tiga sektor ini berkembang dengan cepat, maka akan berdampak cukup besar pada pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Rene.

Karena, katanya, banyak masyarakat yang menggeluti ketiga sektor tersebut namun belum mendapatkan keuntungan sebagaimana mestinya, sehingga perlu adanya pengembangan tersebut.

Dia menjelaskan, dalam koperasi ada kebijakan membuat nomor induk koperasi (NIK) yang diberikan kepada seluruh koperasi aktif, sedangkan pemberian sertifikat hanya diberikan kepada koperasi yang telah melakukan RAT.

Koperasi yang diberikan Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) adalah koperasi aktif secara kelembagaan maupun usahanya.

Koperasi tersebut akan diprioritaskan sebagai target sasaran di dalam pelaksanaan program-program kementerian, seperti program peningkatan daya saing dan program penguatan kelembagaan koperasi sesuai dengan kapasitas koperasi yang bersangkutan.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Diskop Sulut Kembangkan Koperasi Sektor Perikanan, Pertanian, dan Perkebunan