Pilkada, Bakal Calon Perseorangan Harus Didukung Tiga Distrik

share on:

Plh. Wali Kota Jayapura R.D. Siahaya - Jubi/Hengky Yeimo
Plh. Wali Kota Jayapura R.D. Siahaya – Jubi/Hengky Yeimo
Jayapura, Jubi – Bakal calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2017 di Kota Jayapura minimal mendapat dukungan tiga distrik dengan 29.285 KTP, bukan aparat sipil negara, bukan TNI-Polri atau jajaran komisioner KPU.

Penyerahan dukungan kepada KPU sesuai jadwal dilakukan pada 6-10 Agustus 2016 untuk jalur independen dan September 2016 untuk jalur partai politik.

“Kami buka pendaftaran sejak pukul 8 pagi sampai 4 sore,” kata Ketua KPU Kota Jayapura Jermias Numberi kepada Jubi di Jayapura, Senin (8/8/2016).

KPU tidak menerima bakal calon yang tidak memenuhi jumlah KTP tersebut. Bakal calon itu pun dinyatakan gugur.

Menurutnya KPU sudah melakukan sosilalisasi dan bimbingan teknis bagi bakal calon wali kota dan bakal calon wali kota Jayapura.

“Untuk sementara ini tiga tim yang datang, dua hari kemarin dua calon untuk sementara calon jalur independen belum ada yang datang mendaftar,” ujarnya.

Disebutnya tanggal 14 September 2016 dilakukan verifikasi dan dilanjutkan pengumpulan pasangan calon pada 20 September.

“Setelah terkumpul kami nyatakan calon wali kota dan wakil wali kota,” katanya.

Pelaksana harian Wali Kota Jayapura R.D. Siahaya mengatakan, “kita sudah membahas secara detail, tanggal 13 Agustus baru ada penyerahan DP4 dari KPU pusat kepada kabupaten.”

Pihaknya juga membahas mengenai sah tidaknya seseorang menggunakan hak suaranya sebagaimana dijelaskan KPU sesuai undang-undang.
Verifikasi dilakukan hingga Desember 2016 masyarakat dapat mengetahui apakah akan ada nama atau tidak di DP4 dan itu diturunkan langsung dari Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Pusat.

“Jadi kesepakatan data sebagai masyarakat yang berhak memilih berasal dari Dirjen Dukcapil. Data yang diperoleh dari Dinas Dukcpil itu yang dipakai untuk masyarakat apakah ada nama atau tidak, dia berhak memilih atau tidak,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pilkada, Bakal Calon Perseorangan Harus Didukung Tiga Distrik