DPR Papua Didesak Sahkan Raperdasus Parpol Lokal

share on:
Ketua Umum Parpol Lokal Kris Fonataba – Jubi/Arjuna.
Ketua Umum Parpol Lokal Kris Fonataba – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – DPR Papua didesak segera mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah Khusus (Raperdasus) Partai Politik (Parpol) Lokal menjadi Perdasus. Desakan itu datang dari Ketua Umum yang juga pendiri Parpol Lokal, Papua Bersatu, Chist Fonataba.

Ia mengatakan, beberapa bulan lalu, sebelum masa jabatan Majelis Rakyat Papua (MRP) berakhir, telah memberikan pertimbangan dan menyetujui pengesahan tiga Raperdasus yang diajukan DPR Papua ke lembaga.

“Tiga Raperdasus itu yakni Raperdasus Parpol Lokal, Raperdasus Orang Asli Papua dan Raperdasus Rekrutmen Politik. MRP sudah mengeluarkan surat keputusan untuk tiga Raperdasus itu. Kami harap DPR Papua segera mengesahkannya,” kata Fonataba kepada Jubi, Selasa (9/8/2016).

Menurutnya, dalam Rapat Kerja (Raker) di Gedung Kesenian Papua beberapa waktu lalu, ada lima rekomendasi yang dihasilkan pihaknya kepada DPR Papua. Salah satunya segara mengesahkan Raperdasus Parpol Lokal. Jangan sampai pengesahan Raperdasus itu berlarut-larut.

“Perdasus Parpol Lokal perlu segera disahkan agar kami bisa mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Hukum dan HAM Perwakilan Papua sebagai salah satu peserta Pemilu 2019 mendatang,” ucapnya.

Kata Fonataba, pihaknya juga sudah memberikan buku terkait Parpol Lokal kepada Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MRP) ketika yang bersangkutan berkunjung ke Papua beberapa waktu lalu.

“Dalam Undang-Undang Otsus, orang asli Papua juga diberikan keleluasaan untuk mendirikan Parpol Lokal,” katanya.

Pada suatu kesempatan, Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan, sudah 14 tahun Otsus Papua berjalan. Namun pelaksanaannya belum sepenuh hati.

“Padahal di dalam UU Otsus disebut mengenai dana, MRP, termasuk pembentukan Parpol Lokal. Undang-undang ini dijalankan dengan sepenuh hati. Makanya kami berjuang untuk rekonstruksi secara keseluruhan,” kata Gubernur Enembe kala itu.

Menurutnya, mengenai pembentukan Parpol Lokal harus melalui DPR Papua. Untuk membentuk Parpol Lokal perlu ada aturan hukumnya. Harus ada Perdasus yang mengatur itu. (*)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPR Papua Didesak Sahkan Raperdasus Parpol Lokal