Pemkab Bojonegoro Rencanakan Festival HAM

share on:
Merayakan praktik Pancasila Bojonegoro gelar Festival HAM - IST
Merayakan praktik Pancasila Bojonegoro gelar Festival HAM – IST

Bojonegoro, Jubi – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berencana menggelar festival Hak Asasi Manusia (HAM) bekerja sama dengan “International NGO Forum on Indonesian Development” pada 30 November-2 Desember mendatang.

“Pelaksanaan festival HAM ini digelar untuk merayakan penerapan Pancasila di tingkat daerah,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto, di Bojonegoro, Rabu (10/8/2016).

Dalam Festival HAM itu akan digelar berbagai acara, antara lain, panggung budaya (layar tancap, musik, wayang, dan kesenian tayub), juga pameran produk dan budaya daerah.

Selain itu, lanjut dia, juga digelar lomba foto dan pembuatan video terkait ramah HAM di daerahnya.

Dalam acara itu pemkab juga akan mengundang Duta Besar Inggris, Walikota Barcelona, Walikota Gwangju, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal dan Internasional.

Dengan menyaksikan festival HAM, katanya, undangan bisa menyaksikan perkembangan HAM yang ada di daerahnya.

“Masyarakat juga berbagai pihak lainnya bisa menyaksikan secara langsung capaian HAM yang sudah berjalan di daerah kami,” paparnya.

Digelarnya festival HAM di daerah tersebut menurut Heru tidak lepas dari penghargaan Pemerintah yang diberikan kepada daerahnya sebagai kota ramah HAM pada 2015.

“Bojonegoro pernah memperoleh piagam penghargaan sebagai kota ramah HAM dari Menteri Hukum dan HAM pada 2015,” katanya menegaskan.

Bupati Bojonegoro Suyoto, sebelumnya, memberikan gambaran dialog Jumat yang berjalan selama ini merupakan hak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai bidang pembangunan termasuk ikut mengontrol jalannya pelaksanaan pembangunan.

Di dalam dialog Jumat itu, lanjut dia, masyarakat yang datang bisa menyampaikan aspirasinya juga berbagai hal lain, termasuk mengontrol pelaksanaan jalannya pembangunan.

“Apabila hak masyarakat bisa tersampaikan maka konflik sosial akan berkurang,” tandasnya.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Bojonegoro Rencanakan Festival HAM