Pemprov Papua Lepas 58 Calon Siswa IPDN

share on:
58 calon mahasiswa program afirmasi IPDN, Rabu (10/8/2016) - Jubi/Alex
58 calon mahasiswa program afirmasi IPDN, Rabu (10/8/2016) – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua secara resmi melepas 58 calon mahasiswa program afirmasi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) asal Papua, di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (10/8/2016) mengatakan lewat program afirmasi, provinsi Papua mengirim 43 calon praja IPDN, sementara Papua Barat 15 orang.

“Setelah pelepasan ini, selanjutnya para calon praja akan mengikuti latihan dasar mental (LASKAR) di Akademi Kepolisian Semarang,” katanya.

Selama berada di Akademi Kepolisian, ujar Auri, para calon praja IPDN akan di gembleng terkait dengan fisik, mental dan spritual selama satu bulan. Selanjutnya akan kembali ke kampus Jatinangor, untuk mengikuti pendidikan selama empat tahun.

“Saya harap para calon praja asal Papua mampu mengikuti Laskar selama sebulan dan tidak terpengaruh dengan kegiatan negatif, yang nantinya membuat tidak berhasil,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur IPDN Ermaya Suradinata mengatakan Provinsi Papua dan Papua Barat diberi afirmasi melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) masing-masing 43 dan 33 orang.

“Total dua provinsi ini adalah 76 orang di mana khusus untuk Papua berjumlah 43 orang yang nantinya setelah lulus seleksi akan mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) pada 9 Agustus 2016,” kata Ermaya.

Menurut ia, dalam penerimaan calon praja IPDN melalui jalur afirmasi kali ini telah mendaftar sebanyak 140 orang dan yang datang mengkonfirmasi 120 orang.

“Dari 120 orang ini nantinya akan mengikuti serangkaian tes oleh tim dari Mabes TNI hingga memperoleh jumlah 43 orang,” ujarnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Lepas 58 Calon Siswa IPDN