Philips Belanda Lakukan Riset, Cegah Kematian Ibu di Minahasa

share on:
Penyuluhan Ibu dan anak, ilustrasi - IST
Penyuluhan Ibu dan anak, ilustrasi – IST,

Minahasa Tenggara, Jubi – Perusahaan elektronik asal Belanda, Koninklijke Philips Electronics NV (Royal Dutch Philips Electronics Ltd), atau biasa dikenal Philips, melakukan riset di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara.

“Kita sudah melakukan kerja sama dengan Philips untuk melakukan riset teknologi terkait pencegahan angka kematian ibu,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara, Wilhelmina Pasuhuk, di Ratahan, Rabu (10/8/2016).

Dia menuturkan, perusahaan yang berkedudukan di Kota Eindhoven, Belanda, tersebut sedang melakukan pengembangan alat sistem kesehatan.

“Nantinya alat tersebut digunakan dalam penanganan proses melahirkan,” ungkap Wilhelmina.

Dia menuturkan tim tersebut akan melakukan riset di dua Puskesmas, yakni Belang dan Tatahan.

“Penelitian yang akan dilakukan berdasarkan program yang ada, selanjutnya akan menjadi rekomendasi dan tindak lanjut kerja sama tersebut pada tahun 2017 mendatang,” ujarnya.

Sekretaris Daerah, Farry Liwe, ketika dikonfirmasi menyatakan kerja sama ini termasuk untuk mewujudkan program “Minahasa Tenggara Cerdas”.

“Uji cobanya ‘kan dua Puskesmas. Setelah dari dua Puskesmas tersebut nantinya akan mencangkup seluruh puskesmas yang ada,” katanya.

Di dalamnya ada pendataan secara “online” dan bisa langsung dilihat unsur pemerintah yang ada di kabupaten, provinsi dan pusat. “Jadi tak ada yang namanya terlambat penanganan,” kata Farry.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Philips Belanda Lakukan Riset, Cegah Kematian Ibu di Minahasa