Tiga Paslon Independen Daftar ke KPU Kota Sorong

share on:

Tiga pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Sorong dari jalur independen ketika menyerahkan berkas-berkas ke KPU Kota Sorong – Jubi/Niko
Tiga pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Sorong dari jalur independen ketika menyerahkan berkas-berkas ke KPU Kota Sorong – Jubi/Niko
Sorong, Jubi – Tiga pasangan calon (paslon) wali kota Sorong dan calon wakil wali kota Sorong dari jalur indepenen secara resmi menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Sorong pada Rabu, 10 Agustus 2016.

Sesuai deadline yang diberikan KPU Kota Sorong batas akhir pendaftaran ditutup pada Rabu (10/8/2016).

Ketua KPU Kota Sorong Aser Rumanasen mengatakan ketiga paslon tersebut adalah paslon Amos Watori dan Hj. Nurjana (Amanah), paslon Dr. Natalsem Basnah dan Hadi Tuasikal (Basna-Tuasikal) dan paslon Maikel Migisubu dan Amon Beroperay.

Pihak KPU sendiri akan melaksanakan tahapan seleski berkas dan ferivikasi pada Kamis, 11 Agustus 2016.

“Kami resmi terima ketiga bakal calon tersebut dan akan melalui tahapan seleksi,” kata Aser.

Ia melanjutkan bahwa animo pendaftaran paslon dari jalur independen tahun 2016 meningkat dibandingkan tahun 2011. Ketika itu paslon independen hanya satu pasangan.

Melalui batas waktu, sesuai ketentuan KPU yakni syarat dukungan KTP sebanyak 6.999 KTP untuk calon independen.

“Ini sedang dikerjakan dan mereka memenuhi atau tidak, setelah penutupan pendaftaran, pada Rabu (10/8/2016) pukul 06.30 WIT,” katanya.

Menurut dia KPU akan memverifikasi hasil dan berkas masing-masing pasangan sesuai dengan jumlah persentasi dukungan yang telah mereka daftarkan ke KPU.

Dengan demikian pihaknya akan mengacu pada peraturan KPU nomor 5 tahun 2016 tentang pencalonan.

“Maka semua forumulir pengisian tersebut dapat terisi dan di situlah kepatuhan masing-masing pasangan calon terekam di situ,” katanya.

Salah satu bakal calon wali kota Sorong Natalsem Basna mengatakan pihaknya menyerahkan dukungan KTP satu distrik saat ini. Hal itu dilakukan karena tim pemenangan masih melakukan pengumpulan dan pemilahan KTP di beberapa distrik.

“Kita memang sengaja untuk menyerahkan (maksudnya KTP) satu distrik saja, karena yang lain masih dalam tahap penyusunan oleh tim,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiga Paslon Independen Daftar ke KPU Kota Sorong