14 Tahun Kabupaten Tolikara, Bupati Ajak Warga Jaga Demokrasi

share on:
Perayaan HUT Kabupaten Tolikara, Rabu (10/11/2016) – JUBI/Derwes Yikwa
Perayaan HUT Kabupaten Tolikara, Rabu (10/11/2016) – JUBI/Derwes Yikwa

Tolikara, Jubi – Ribuan masyarakat Kabupaten Tolikara baik dari berbagai distrik, Kota Karubaga dan sekitarnya, menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tolikara ke14 tahun 2016, yang di gelar dalam bentuk ibadah sykuran di lapangan merah putih Karubaga, Rabu,(10/8/2016).

Hadir dalam kegiatan HUT tersebut pengkhotbah dari penasehat Gereja Injili Di Indonesia (GIDI), Pendeta Lipius Biniluk, dan Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo.

Pendeta Lipius Biniluk, dalam khotbahnya, memuji Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden Jokowi, “ Presiden Jokowi mau revolusi harus dilakukan di semua golongan dan elemen masyarakat mulai dari Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, serta masyarakat pada umumnya, karena hanya melalui revolusi mental lah bangsa yang besar ini bisa bangkit maju seperti negara-negara yang sudah maju duluan,” ujarnya.

Dia juga berpesan siapapun yang berada di Tolikara, baik pendatang maupun warga asli Tolikara, yang memiliki budaya, agama yang berbeda-beda hendaknya hidup rukun dan damai bersama-sama di Tolikara”, kata dia.

Bila semua masyarakat bisa hidup rukun dan damai, lanjutnya, “tidak perlu ada banyak polisi, tentara dan keamanan sejenis lainnya.”

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo yang dibacakan PLT Sekretaris Daerah Drs. Panus Kogoya, menyatakan di usia ke-14 tahun Kabupaten itu masyarakat tidak boleh melupakan bahwa nasib rakyat berada di tangan rakyat sendiri, “Itulah landasan pembentukan Kabupaten ini,” ujarnya.

Menurut dia, peta politik Kabupaten Tolikara saat ini telah berubah secara fundamental sebangai daerah demokrasi yang mapan. “Dalam periode pertama ini kita telah menyelesaikan sejumlah konflik yang menumpuk dan akan terus menjalin komunikasi yang konstruktif dalam pembangunan tolikara yang lebih baik.” (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  14 Tahun Kabupaten Tolikara, Bupati Ajak Warga Jaga Demokrasi