Tiongkok Beri Beasiswa bagi Mahasiswa dari Pasifik

share on:

Jayapura, Jubi – Tiongkok membuka pintu universitas-universitasnya bagi pelajar dan mahasiswa dari kawasan Pasifik. Melalui Badan Pendidikan Pasifik (TEPA), Tiongkok menyediakan beasiswa melalui berbagai skema bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya.

TEPA bekerjasama dengan 30 universitas di Tiongkok untuk program sarjana dan master. “Kami memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa program master (S2). Kami juga memberikan beasiswa tidak penuh bagi mahasiswa program sarjana dan beasiswa sponsor hingga mencapai 15.000 Kina Papua Nugini atau sekitar Rp 60 juta per orang per tahun.

Gedung perpustakaan Universitas Guangxi di Tiongkok/ Tabloid Jubi
Gedung perpustakaan Universitas Guangxi di Tiongkok/ Tabloid Jubi

Selain lebih murah, kualitas universitas-universitas di Tiongkok sangat bersaing di dunia. Menurut rengking universitas dunia pada tahun 2015, dari 1.000 universitas top dunia, 83 di antaranya berada di Tiongkok. Sebagai perbandingan, Australia hanya memiliki 27 universitas top dunia dan Inggris sebanyak 65 universitas. “Tidak ada satu pun dari Papua Nugini, Filipina dan negara Pasifik lainnya,” ujar pendiri TEPA, Jeffers Teagun Heptol kepada postcourier.com.png pada Kamis, 11 Agustus 2016.

Jurusan yang paling diminati dari program sarjana maupun master yaitu teknik pertambangan, teknik minyak dan gas bumi, teknik kimia, teknik komputer dan informatika, teknik penerbangan, teknik sipil, teknik permesinan, teknik kelistrikan, otomotif, teknik lingkungan, kedokteran, keuangan, bisnis digital, ekonomi internasional, dan ilmu manajemen.

Jumlah mahasiswa Pasifik yang belajar di Tiongkok terus bertambah. Dari 844 mahasiswa tahun lalu, sebanyak 483 di antaranya dibiayai beasiswa dari pemerintah Tiongkok. Mayoritas mereka berasal dari Papua Nugini. Pemberian beasiswa ini merupakan bagian dari kerjasama diplomatik antara Tiongkok dan negara-negara Pasifik. Tiongkok menjalin hubungan diplomatik pertama kali dengan Fiji dan Samoa pada 1975,  lalu Papua Nugini tahun 1976 dan diikuti berikutnya oleh Vanautu, Cook Islands, Niue dan Negara Federasi Mikronesia. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiongkok Beri Beasiswa bagi Mahasiswa dari Pasifik