Kota Jayapura Belum Berikan Rekomendasi Trase

share on:
Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi, Rosina Upessy - Jubi/Alex
Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi, Rosina Upessy – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sampai saat ini Kota Jayapura belum juga memberikan rekomendasi trase (jalur) kereta Api, sehingga ini menjadi satu kekurangan (syarat) yang belum dipenuhi Pemerintah Provinsi Papua.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Papua Lukas Enembe melalui Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi, Rosina Upessy saat Sosialisasi Pengembangan Jalur Kereta Api dan Penyusunan Peta Ulayat jalur rel kereta api, di Jayapura, Kamis (11/8/2016).

Menanggapi itu, Gubernur mengingatkan pemerintah Kota Jayapura untuk segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Papua, dengan harapan hal ini bisa menjadi perhatian.`

“Sampai saat ini tinggal satu syarat yang belum dipenuhi oleh Provinsi Papua, yakni Kota Jayapura yang belum memberikan rekomendasi trase,” katanya.

Gubernur Enembe menilai, membangun jalur (rel) kereta api tidaklah mudah, sehingga memerlukan koordinasi semua pihak.

“Tidak gampang bangun jalur kereta, karena jika bautnya terlepas maka akan berakibat fatal,” ujarnya.

Untuk itu, kata Rosina, sosialisasi pengembangan jalur rel kereta api di Provinsi Papua sangat perlu bagi rencana pembangunan perkeretaapian yang oleh pusat telah ditetapkan untuk Papua akan dibuat jalur dari Nabire – Sarmi – Jayapura.

Dengan demikian, Pemerintah Kota Jayapura diminta koordinasi dengan masyarakat pemilik ulayat yang lahannya akan dilalui jalur kereta api. Sebab menurutnya hal ini tidaklah gampang. Karena pusat tidak akan memberikan rekomendasi jika izin trase tidak ada persetujuan dari pemilik tanah ulayat.

“Saya minta agar ada koordinasi antara pemerintah kabupaten/kota dan Provinsi Papua untuk pembangunan ini bisa selesai dan rakyat diharap dapat menikmati dan merasakan hasilnya. Serta tau apa yang selama ini telah dikerjakan oleh pemerintah,” kata Enembe. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kota Jayapura Belum Berikan Rekomendasi Trase