Luhut Kritik Absennya Gubernur dan Wagub Papua saat Kunjungannya

share on:
- Menteri Koordinator (Menko) Maritim Luhut Binsar Pandjaitan
– Menteri Koordinator (Menko) Maritim Luhut Binsar Pandjaitan

Jayapura, Jubi – Menko Kemaritiman dan SDM Republik Indonesia Luhut B Panjaitan mengkritik ketidakhadiran dua tampuk pimpinan tertinggi Papua yakni Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal. Saat dirinya bersama Menkopolhukam Wiranto bersama Duta Besar Australia untuk Indonesia HE Paul Grigson dan Jaksa Agung Wilayah Australia, George Brendis ketika melakukan kunjungan kerja di Papua ke Jayapura, Kamis (11/8/2016).

“Kalau saya boleh kritik. Seperti hari ini. Misalnya saya sudah bilang kepada Pak Sekda (TEA Hery Dosinaen-red). Elok sekali sebenarnya. Masak dua – dua pimpinan tidak ditempat. Bagaimana anda mengelola dana begitu besar,” kata Luhut.

Pada kunjungan kemarin, Luhut mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Papua tidak membaik karena ada indikasi pembangunan dan penggunaan dana tidak efisien.  

“Ini menjadi masalah. Berarti penyerapan anggaran itu tidak benar. Kalau anda dilihat penyerapan anggaran mulai dari 2007 sampai dengan sekarang, itu sama. Ini terjadi karena satu indikasi bahwa kita tidak melakukan secara efisien pembangunan penggunaan dana di Papua,” kata Luhut Pandjaitan.

Sebelumnya, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Eli Loupatty, di Jayapura, Senin (8/8/2016) mengatakan tingginya APBD Provinsi Papua yang mengendap di bank(redahnya daya serap APBD) bukan karena kesengajaan, tetapi lebih karena sebagian besar rekanan yang bekerjasama dengan Pemprov Papua meminta pembayaran pada saat pekerjaan sudah selesai dikerjakan.

“Ini bukan kesalahan atau menahan, tetapi rata-rata rekanan ini tagihnya pada posisi 100 persen pekerjaannya selesai, sehingga seolah-olah terjadi penumpukan anggaran,” ujarnya.

Elia menegaskan rendahnya daya serap APBD Papua menunjukkan rekanan atau pihak ketiga yang menangani proyek di Papua mempunyai dana sendiri untuk membangun proyek pemerintah. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Luhut Kritik Absennya Gubernur dan Wagub Papua saat Kunjungannya