Lomba Dayung Semarakkan HUT RI ke-71

share on:
Lomba perahu dayung yang diselenggarakan pasangan Bakal Calon Wali Kota Jayapura, Boy Markus Dawir-Nur Alam di Dok IX Kali, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Jumat (12/8/2016).
Lomba perahu dayung yang diselenggarakan pasangan Bakal Calon Wali Kota Jayapura, Boy Markus Dawir-Nur Alam di Dok IX Kali, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Jumat (12/8/2016).

Jayapura, Jubi – Meski HUT RI ke-71, 17 Agustus 2016 masih sepekan lagi, namun sejumlah berbagai lomba untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia mulai digelar di Kota Jayapura, Papua. Salah satunya lomba perahu dayung yang diselenggarakan di Dok IX Kali, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Jumat (12/8/2016).

Lomba yang berlangsung sehari itu diadakan Pasangan Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Jayapura, Boy Markus Dawir-Nur Alam (BMD-Alam). Lomba perahu dayung diikuti 18 tim yang berasal dari beberapa wilayah pesisir pantai di Kota Jayapura.

Ketua dewan penasehat Barisan MD-Alam, Thomas Sondegau mengatakan, lomba itu hanya diikuti kalum pria dan berlangsung satu hari. Satu tim terdiri dari lima orang.

“Lomba ini untuk mempererat hubungan antar masyarakat yang ada di Kota Jayapura, sekaligus dalam rangka HUT RI ke-71. Bukan siapa menang siapa kalah, namun bagaimana masyarakat bisa mengenang dan merenungkan bagaimana jasa-jasa pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah dimasa lalu,” kata Thomas.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia, Grace Makanuai mengatakan, lomba itu melibatkan tiga elemen pendukung pasangan BMD-Alam di Jayapura Utara yakni Sahabat, Sahabat BMD dan BMD FC.

“Lomba dayung kami pilih karena wilayah Jayapura Utara merupakan daerah pesisir. Mendayung perahu adalah kegiatan rutinitas warga di Jayapura Utara,” kata Grace.

Menurutnya, tak hanya lomba perahu dayung, ada beberapa rangkaian kegiatan lain untuk memperingati HUT RI ke-71 yang “dibungkus” dalam thema “Pekan Raya BMD-Alam”.

“Kegiatan lain diantaranya ada gawang mini, penyuluhan kesehatan, lomba karaoke dan lain-lain. Untuk lomba perahu dayung, juara satu hingga juara tiga mendapat hadiah uang dan piala,” ucap Grace tanpa menyebut berapa nominal hadiah yang diperebutkan peserta. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Lomba Dayung Semarakkan HUT RI ke-71