Sogavare : Saya Tidak Pernah Tahu Dubes Kami ke Papua

share on:
Sekjen (Octovianus Mote) dan Juru Bicara (Benny Wenda) ULMWP memberikan laporan-laporan pelanggaran HAM kepada ketua MSG yang juga ketua PIDF, Manasye Sogavare usai pertemuan dengan para pemimpin Pasifik di Honiara, Jumat (17/7/2016) - Jubi/Victor Mambor
Sekjen (Octovianus Mote) dan Juru Bicara (Benny Wenda) ULMWP memberikan laporan-laporan pelanggaran HAM kepada ketua MSG yang juga ketua PIDF, Manasye Sogavare usai pertemuan dengan para pemimpin Pasifik di Honiara, Jumat (17/7/2016) – Jubi/Victor Mambor

Jayapura, Jubi – Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare mengaku tidak tahu jika Duta Besar (Dubes) negaranya yang ditempatkan di Indonesia mengunjungi Papua baru-baru ini.

“O ya? Saya tidak tahu itu. Tapi kalau memang demikian, itu bagus, Saya harap ada kemajuan dalam penyelesaian Hak Asasi Manusia,” kata Sogavare yang juga Ketua Melanesia Spearhead Groups (MSG) kepada Jubi beberapa waktu lalu di Honiara.

Pada bulan Mei lalu, Dubes Kepulauan Solomon, Salana Kalu berkunjung ke Papua atas undangan Menteri Kordinator Politik, Hukum dan Keamanan saat itu, Luhut Panjaitan.

Selain berkunjung ke Papua, Luhut juga mengundang Dubes Kepulauan Solomon bersama Dubes Fiji dan Papua Nugini hadir dalam rapat penyelesaian masalah HAM Papua di kantornya.

Menurut Luhut, ia mengajak para perwakilan negara itu adalah agar dunia internasional tahu bahwa Indonesia serius menyelesaikan kasus HAM.

Namun Sogavare, selain mengaku tidak tahu Dubesnya berkunjung ke Papua, juga mengakui bahwa surat yang dikirimkannya sebagai Ketua MSG kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo untuk membicarakan masalah HAM Papua tidak mendapatkan respon.

“Kami sudah mengirimkan surat kepada Jokowi. Pertama mengusulkan Indonesia dan ULMWP berbicara masalah Papua di MSG karena kini keduanya anggota assosiate dan pengamat. Kedua agar saya sebagai ketua MSG bisa berbicara kepada Presiden Indonesia untuk sama-sama menangani masalah Papua. Tapi tidak satupun usulan kami itu direspon,” kata Sogavare. (*)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sogavare : Saya Tidak Pernah Tahu Dubes Kami ke Papua