BUMD Milik Pemprov Papua Belum Berikan Kontribusi

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe - Jubi/Alex
Gubernur Papua, Lukas Enembe – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik pemerintah provinsi Papua hingga kini belum memberikan kontribusi, sehingga pihaknya harus segera melakukan pembenahan.

“Karena tidak memberikan kontribusi, kita harus mengganti semua, dan kita tempatkan orang-orang yang kompeten sehingga mampu membenahi,” kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Disamping itu, Enembe juga meminta agar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di wilayahnya untuk bisa menjaminkan proyek-proyek pada PT Jamkrida Papua, sehingga bisa memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Papua.

“Hingga kini hal ini belum dilakukan, padahal jika dijaminkan akan ada PAD untuk Papua, itukan proyek yang dibiayai oleh dana Otonomi Khusus (Otsus) maupun sumber pendapatan lainnya,” ujarnya.

Gubernur Enembe berharap hal itu bisa menjadi perhatian setiap pimpinan SKPD, mengingat dapat menjadi kontribusi bagi PAD Papua.

Dia menambahkan setelah PT Jamkrida Papua menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), dipastikan kedepan BUMD BUMD lainnya akan melakukan RUPS, mulai dari PT Percetakan Rakyat Papua, Perusahaan Listrik Daerah serta PT Semen Papua.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Max Olua mengaku, pihaknya siap mengakomodir BUMD yang bakal melakukan RUPS, setelah PT Jamkrida Papua sukses menggelar RUPS.

“Setelah Jamkrida masih ada beberapa lagi, entah pelaksanaan secara bersamaan atau terpisah, yang jelas kami akan sesuaikan dengan waktu dari pak gubernur selaku pemegang saham, serta sisi efektivitas waktu,” kata Olua.

Olua tidak menjelaskan berapa banyak BUMD yang bakal melakukan RUPS, namun ia memastikan PT Percetakan Rakyat Papua (PRP), PD Irian Bhakti, IBM dan beberapa BUMD lainnya akan melakukan.

“Dalam waktu dekan kami akan duduk bersama dengan mereka, untuk membahas tentang persiapan dan hal-hal yang diperlukan dalam menggelar RUPS BUMD,” katanya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BUMD Milik Pemprov Papua Belum Berikan Kontribusi