Festival Diharapkan Dikelola Secara Kreatif

share on:

Pelaksana Harian Wali Kota Jayapura, R.D. Siahaya - Jubi/Dok.
Pelaksana Harian Wali Kota Jayapura, R.D. Siahaya – Jubi/Dok.
Jayapura, Jubi – Pelaksana harian (Plh.) Wali Kota Jayapura R.D. Siahaya mengharapkan agar ada orang-orang atau kelompok yang mengelelola festival budaya Teluk Humbold secara kreatif untuk menarik minat pengunjung.

Dinas Pariwisata Kota Jayapura disebutnya mempunyai kreativitas dalam hal tersebut. Namun perlu ditunjangi fasilitas yang baik.

“Hal-hal lain tentang pariwisata bisa siap dan dilakukan dengan baik, tetapi fasilitas tidak memadai sama saja,” katanya kepada Jubi di Kota Jayapura, Jumat (12/8/2016).

Ia juga menyarankan agar festival budaya Teluk Humbold dikolaborasikan dengan kebudayaan dan kearifan kabupaten-kabupaten tetangga seperti Sarmi, Keerom, Mamberamo dan Kabupaten Jayapura. Bahkan dengan budaya-budaya etnis atau paguyupan yang ada di ibu kota Provinsi Papua ini.

“Festival ini momen kita mendorong nilai-nilai budaya lokal bukan Port Numbay saja, melainkan juga budaya kebupaten tetangga. Kabupaten lain ikut itu bagus karena kota ini merupakan ibu kota Provinsi Papua,” katanya.

Disinggung soal pengelolaan obyek-obyek wisata pantai, ia mengaku Dinas Pariwisata mesti bekerja sama dengan pemilik ulayat.

Beberapa waktu lalu digelar festival Teluk Humbold di Hamadi, Distrik Jayapura Selatan. Pesta budaya ini sepi dari pengunjung.

Budayawan dan seniman Tanah Tabi, Theo Yepese berpendapat, mestinya dilakukan sosilasi oleh pihak terkait untuk menarik minat pengunjung.
Theo juga menyarankan agar dilakukan promosi yang kontinu agar teluk Humbolt dan keanekaragaman sumber daya dan budayanya dikenal masyarakat luas.

“Festival ini kegunaannya untuk apa? Semua yang terlibat itu mestinya diteken kontrak main untuk festival. Disiplin waktu juga perlu,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Festival Diharapkan Dikelola Secara Kreatif