Rakyat Kuba Rayakan Ulang Tahun Fidel Castro ke-90

share on:

Havana, Jubi – Pemimpin besar revolusi Kuba, Fidel Castro hadir menemui masyarakat Kuba yang berkumpul merayakan hari ulang tahun dirinya di Malecon Boulevard, Havana, Sabtu (13/8/2016).

Kendati muncul di hadapan publik, Castro hanya menyapa rakyatnya melalui sebuah surat yang dimuat di media nasional. Dalam surat itu, Castro menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh masyarakat atas doa baik mereka.

Fidel Castro/Wikiquote.org
Fidel Castro/Wikiquote.org

Sejak Jumat hingga Sabtu lalu itu, ribuan orang berdansa diiringi musik latin menciptakan pesta rakyat dengan pertunjukan grup band terbesar di Kuba.

Mereka bergembira ria karena pemimpinnya merayakan ulang tahun ke-90.

Castro muncul di hadapan khalayak yang bersuka ria. Ia duduk di bangku terdepan di gedung teater Karl Marx. Di sampingnya ada Raul Castro, sang adik yang dilimpahinya kekuasaan pada 2008. Bersamanya pula, duduk Presiden Venezuela Nicolas Manduro.

Kemunculan Castro di depan khalayak memang dinanti-nantikan. Sejak mundur dari jabatan tertinggi di negara itu karena alasan kesehatan, Castro sangat jarang muncul di hadapan publik.

Fidel terakhir muncul saat Kongres Partai Komunis, April lalu. “Alat kesehatan modern telah memungkinkan aku masih melihat dunia,” ujar Castro dalam sebuah suratnya yang dimuat di media nasional Kuba. (*)

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Rakyat Kuba Rayakan Ulang Tahun Fidel Castro ke-90