133 Praja IPDN Jatinangor Belajar di Papua

share on:
Praja IPDN Yang Akan Belajar di Kampus Papua - Jubi/Alex
Praja IPDN Yang Akan Belajar di Kampus Papua – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sebanyak 133 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor akan menempuh pendidikan di Kampus IPDN Papua. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Pemerintah Provinsi Papua, di Sasana Krida kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (15/8/2016) siang.

133 Praja tersebut terdiri dari 48 praja tingkat dua/Madya yang akan menempuh pendidikan selama dua tahun, dan sebanyak 85 praja tingkat tiga/Nindya yang akan belajar selama setahun di kampus IPDN Papua.

“Kedatangan kami adalah untuk melaporkan kepada bapak, anak anak ini akan diasuh oleh Direktur IPDN Papua, dan mereka akan mengganggu bapak selama mereka bertugas di sini. Tentunya karena kita berada di wilayah ini, makanya kita harus ketuk pintu dulu kepada Gubernur, kita minta izin tinggal disini,” kata Ketua Prodi Politik Pemerintahan IPDN Jatinangor, Melitarini.

Melitarini berpesan kepada para Praja IPDN agar senantiasa belajar dengan baik, sebab dengan mempelajari budaya lokal kelak akan menjadi orang yang kaya dalam pengetahuan.

“Anak anak, kalian sekarang di bawah pimpinan ibu direktur IPDN Papua, harus diingat Pemprov adalah orang tua kalian di sini jadi apapun yang dilakukan tidak lepas dari pantauan beliau,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk para praja nindya atau yang tingkat tiga, kampus Papua adalah kampus ketiga untuk tempat menempuh pendidikan. “Nanti di tingkat 4,  kalian akan kembali dikumpulkan di kampus Jatinangor untuk laporan akhir dalam rangka penyelesaian studi,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan, kemungkinan tahun depan akan ada penambahan praja lagi. Untuk itu, pihaknya meminta arahan atau petunjuk dari pemerintah provinsi Papua. “Saya hanya kulo nuwun mengantarkan anak  anak saya, mohon arahan dari pak Sekda,” kata Melitarini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen menyampaikan ucapan selamat datang di Papua kepada para praja yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu.

“Saya atas nama gubernur dan jajaran serta seluruh masyarakat Papua, menyampaikan ucapan selamat datang kepada adik adik semua,” kata Hery.

Sebagai alumni IPDN, dirinya mengingatkan para praja IPDN agar senantiasa bangga menjadi seorang praja yang terpilih dari sekian juta orang untuk menjalankan pendidikan kedinasan di departemen dalam negeri.

“Kalian harus bangga, karena terpilih  lewat satu proses yang luar biasa dengan kemampuan akademis dan sikap mental yang menempa untuk hadir menjalankan pendidikan kepamongprajaan,” ujarnya.

Menanggapi itu, Hery meminta para praja melakukan kegiatan di kampus  atas kesadaran yang terlahir dari  hati yang paling murni untuk bisa melaksanakan semua ketentuan dan disiplin ilmu yang diterima.

“Ingat orang tua kalian mempercayakan tugas dan tanggung jawab, kalian harus membanggakan mereka dengan keberhasilan dicapai. Untuk itu jaga kekompakan, keharmonisan dan keseimbangan,” tutupnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  133 Praja IPDN Jatinangor Belajar di Papua