KNPB : Kami Tidak Tahu Siapa Yang Bakar-Bakar

share on:
Polisi menghadang massa aksi KNPB di jalan SPG, Waena, Jayapura - Dok. Jubi
Polisi menghadang massa aksi KNPB di jalan SPG, Waena, Jayapura – Dok. Jubi

Jayapura, Jubi – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) membantah massa aksinya melakukan pembakaran yang mewarnai aksi demo hari ini, Senin (15/8/2016).

“Kami tidak tahu siapa yang bakar-bakar itu. Yang jelas bukan kami. Karena massa KNPB yang pertama lewat di sekitar Perumnas II Waena itu ditangkap. Lalu tiba-tiba ada yang bakar-bakar itu. Massa KNPB selanjutnya lewat dengan kawalan polisi,” kata Bazoka Logo, Juru bicara KNPB kepada Jubi, Senin (15/8/2016).

Dikutip suarapapua.com, massa yang melakukan aksi pembakaran tersebut melakukannnya di beberapa titik di sepanjang jalan utama, dimulai dari depan jalan masuk gang Jati, Perumnas II Waena sampai di depan asrama Mimika, Perumnas I Waena. Empat gerobak jualan milik para pedagang kali lima yang disimpan di pinggiran jalan ikut dibakar oleh massa. Massa juga membakar kayu dan ban mobil. Selain itu massa juga memalang jalan dengan menghamburkan batu-batu dan botol-botol minuman.

Baca juga Aksi Demo KNPB Diwarnai Pembakaran dan Pengejaran oleh Aparat Keamanan

Akibatnya, polisi dari satuan Brimob melakuan penyisiran yang dimulai dari jalan masuk ke lapangan Futsal CNI, perumnas II Waena. Juga aparat mulai sisir massa yang lari dari jalan masuk ke perumahan Graha Yotefa. Beberapa kali aparat mengeluarkan tembakan.

“Mereka lakukan pembakaran di beberapa titik jalan, di saat itu polisi ada di tempat. Kenapa polisi biarkan mereka bakar-bakar. Intinya kami tidak bertanggungjawab,” jelas Logo.

Terpisah, seorang warga di Perumnas II Waena mengaku ia melihat ada sekelompok orang yang mendorong gerobak gorengan yang biasa ditaruh di pinggir jalan ke tengah jalan lalu membakarnya.

“Tidak tahu siapa mereka, tiba-tiba saja ada yang dorong gerobak ke jalan terus dibakar,” kata Simon, warga Perumnas II, Waena, Jayapura ini.

Logo meminta polisi membuktikan dan mengungkap siapa pelaku pembakaran tersebut.

“Orang bakar-bakar karena  ada sebab dan akibat. Silahkan pihak kepolisian buktikan dan ungkap pelakunya. KNPB tidak bertanggungjawab atas pembakaran itu. Kami hanya minta pihak aparat menghargai kami untuk sampaikan aspirasi kami ke DPR Papua. kami tidak minta yang lain. Itu saja,” tegas Bazoka.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Patrige Renwarin, meski mengaku belum tahu soal pembakaran dalam aksi demo, berharap agar aksi hari ini berjalan dengan aman dan baik.

“Syukurlah kalau tidak ada yang bakar-bakar rumah, toko, mobil atau pun motor. Saya berharap semu berjalan lancar sampai sore. Kalau bakar ban atau kayu oleh massa, itu dinamika dan ekspresi. Pasti polisi akan tangani secara persuasif dan akan bersihkan oleh anggota Polri dibantu warga setempat,” jelasnya. (*)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KNPB : Kami Tidak Tahu Siapa Yang Bakar-Bakar
  • Peak Naira

    Haha…. lucu saja, kalau begini siapa yang bakar dong? mau salahkan KNPB kha apa, masa bodoh sekali orang melayu.

    View Comment
  • Peak Naira

    Haha…. lucu saja, kalau begini siapa yang bakar dong? mau salahkan KNPB kha apa, masa bodoh sekali orang melayu.

    View Comment