Legislator Ingin Otsus Papua Seperti Aceh

share on:
Ketua Pansus 14 Kursi DPR Papua, Emus Gwijangge - Jubi/Doc
Anggota BP3/Badan Legislasi DPR Papua, Emus Gwijangge – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Legislator Papua, Emus Gwijangge ingin penerapan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua seperti di Aceh. Keinginan anggota Badan Pembentukan Perdasi/Perdasus (BP3) atau yang dulunya bernama Badan Legislasi DPR Papua tersebut diungkapkan setelah pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Aceh.

Dalam kunjungan pekan lalu itu, tim BP3 DPR Papua dipimpin Ketua BP3 parlemen setempat, Jan L Ayomi bersama Wakil Ketua BP3 DPR Papua, Ruben Magai dan delapan orang anggotanya.

Emus mengatakan, di Aceh pihaknya bertemu Ketua DPR Aceh, Ketua Komisi I DPR Aceh dan Ketua Badan Legislasi parlemen setempat. Anggota DPR Aceh sebanyak 81 orang. Dari jumlah itu 31 anggota DPR Aceh berasal dari partai lokal diantaranya Partai Aceh, Partai Nasional Aceh dan dua partai lokal lainnya.

“Implementasi UU Otsus di Papua dan Aceh berbeda jauh. Aceh benar-benar melaksanakan UU Otsus. Aceh sudah benar-benar merdeka dalam konteks Otsus. Saya pribadi ingin hal itu terjadi di Papua,” kata Emus, Senin (15/8/2016).

Menurutnya, tak hanya ketua DPR Aceh yang merupakan anak asli setempat. Hal itu juga berlaku di DPRD kabupaten/kota, gubernur dan wakilnya hingga bupati dan wakil bupati.

“Eksekutif dan legislatif dipegang mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Gubernur dan Ketua DPR Aceh kan merupakan mantan petinggi GAM. Ini hal positif,” ucapnya.

Katanya, untuk itu pihak DPR Papua akan berupaya mendorong agar partai lokal di Papua bisa ikut Pemilu 2019 mendatang. Partai lokal lanjut dia, untuk kepentingan proteksi orang asli Papua.

“Semoga dalam waktu yang tak terlalu lama, Perdasus Parpol Lokal di Papua bisa disahkan. Kalau Perdasusnya sudah disahkan dan dimasukkan ke lembaran daerah, Parpol Lokal di Papua bisa berlaku. Meski begitu kedepan perlu ada cantolan hukum yang kuat untuk Parpol Lokal di Papua semisal Peraturan Pemerintah,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Partai Lokal, Partai Papua Bersatu, Christ Fonataba mendesak DPR Papua segara mengesahkan Raperdasus Parpol Lokal.

Ia mengatakan, beberapa bulan lalu, Majelis Rakyat Papua (MRP) telah memberikan pertimbangan dan menyetujui pengesahan tiga Raperdasus yang diajukan DPR Papua diantaranya, Raperdasus Parpol Lokal.

“MRP sudah mengeluarkan surat keputusan mengenai tiga Raperdasus itu. Kami harap DPR Papua segera mengesahkannya,” kata Fonataba kepada Jubi pekan lalu.

Menurutnya, Raperdasus Parpol Lokal di Papua perlu segera disahkan agar pihaknya bisa mengikuti Pemilu 2019 mendatang. Raperdasus itu akan dijadikan acuan mendaftarkan partainya ke Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Papua serta KPU. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator Ingin Otsus Papua Seperti Aceh