Satu Lagi Anggota Tim Ad Hoc Kasus Paniai Undur Diri

share on:
Yan Cristian Warinussy - Doc. Jubi
Yan Cristian Warinussy – Doc. Jubi

Jayapura, Jubi – Satu lagi anggota tim Ad Hoc kasus Paniai Berdarah mengundurkan diri. Tembusan surat pengunduran diri ini diterima redaksi Jubi, Senin (15/8/2016).

“Surat pengunduran diri tersebut saya tujukan kepada Ketua Komnas HAM RI di Jakarta,” kata Yan Warinussy, pengacara Hak Asasi Manusia dan juga Direktur Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Papua Barat.

Ia mengatakan, alasan pengunduran dirinya karena ia tidak pernah tahu perkembangan dari kerja-kerja tim Ad Hoc yang telah dibentuk. Selain itu, komunikasi antara sesama anggota tim maupun ketua tim cenderung tidak terbuka.

Tim ini, menurut Warinussy, dibentuk berdasarkan Surat Ketua Tim Pelanggaran HAM Berat Paniai Nomor 009/TPPH/Paniai/III/2016 pada 28 Maret 2016. Surat tersebut dilampiri dengan Surat Keputusan Komisi Nasional HAM Nomor 009/Komnas HAM /III/2016 tertanggal 1 Maret 2016 tentang Pembentukan Tim Ad Hoc Penyelidikan Pelanggaran HAM Berat Peristiwa Paniai.

“Tanggungjawab tim ini sangat berat. Harapan masyarakat juga sangat besar. Kasus ini sudah hamper dua tahun lamanya. Demi kepentingan penegakkan hukum dan perlindungan HAM bagi seluruh rakyat Papua, terutama keluarga korban kasus Paniai, saya mengundurkan diri dari tim ini,” tulis Warinussy.

Sebelumnya, satu anggota lainnya Budi Hernawan juga telah mengundurkan diri dari tim ini. Alasan pengunduran dirinya juga sama., tidak ada komunikasi yang transparan dalam tim tersebut.

Komisioner Komnas HAM RI, Sandrawati Moniaga yang dihubungi Jubi mengaku belum mengetahui perihal pengunduran diri Yan Warinussy ini.

“Belum, saya belum tahu. Tapi saya akan cek dulu ke Ketua tim dan Ketua Komnas HAM,” kata Sandrawati singkat, saat dikonfirmasi Jubi, Selasa (16/8/2016).

Sesuai SK Nomor 009/KOMNAS HAM/III/2016 tentang pembentukan Tim Ad Hoc, nama-nama anggota tim tersebut adalah Maneger Nasution, Hafid Abbas, Sriyana, Natalius Pigai, Siti Noor Laila, Ansri Sinungan, Fredrika Korain, Yan Christian Warinusi, Dr. Budi Hernawan, Bridjen Pol (Purn) Anton Tabah, Firdiansyah, Nurjaman, Siti Hidayawati, Ana Munasiroh, Yorgen Numberi, Myra Puspasari, Ida Dian Jayanti, Slamet Widodo. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Satu Lagi Anggota Tim Ad Hoc Kasus Paniai Undur Diri