853 Warga Binaan Lapas di Papua Diremisi

share on:

Warga binaan foto bersama di Lapas Doyo, bersama Sekda Papua, Bupati Jayapura dan Kakanwilhukham Papua - Jubi/Yance Wenda
Warga binaan foto bersama di Lapas Doyo, bersama Sekda Papua, Bupati Jayapura dan Kakanwilhukham Papua – Jubi/Yance Wenda
Sentani, Jubi – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Abner Banosro mengatakan narapidana yang mendapatkan remisi sebanyak 853 orang.

Dari jumlah tersebut 240 orang yang mendapat remisi umum. Mereka yang mendapatkan remisi pun diberikan santunan sebesar Rp 1 juta per orang.

“Remisi umum 240 orang yang langsung bebas dan dikasih uang oleh pemerinta daerah untuk transport yang nantinya dapat digunakan untuk perjalanan pulang,” katanya di Sentani, Rabu (17/8/2016).

“LP Abepura 237, LP Narkotika111, LP Merauke182, LP Timika 49, LP Biak 86, LP Serui 42, LP Nabire 111, LP Wamena 29, Cab Rutan Tanah Merah 3, dan Pemasyarakatan Militer 2,” katanya merincikan napi remisi tiap lapas.

Ia berharap mereka diterima kembali di masyarakat dan keluarga, sebab selama di dalam lapas mereka mendapat pembinaan, keterampilan.

“Ada yang menyumbang keterampilan-keterampilan khusus bagi mereka sehingga mereka dapat di terima dan dapat berbaur bersama masyarakat. Semoga tidak terulang (kesalahan) lagi,” katanya.

Sekda Provinsi Papua T.E.A. Herry Dosinaen yang hadir dalam pemberian remisi di Lapas Doyo, Rabu mengatakan pemberian bantuan berupa sejumlah uang kepada napi yang diremisi merupakan pertama di Papua.

“Beberapa tahun lalu kami memberikan fasilitas olahraga di beberapa lapas dan ambulans,” katanya.

Menurut Dosinaen gubernur Papua tetap memperhatikan warga binaan lapas. Oleh karena itu, ia meminta kepada Kanwilhukham Papua agar melaporkan kondisi yang dialami tiap lapas agar dapat diberikan bantuan. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  853 Warga Binaan Lapas di Papua Diremisi