98 Narapidana Lapas Nabire Terima Remisi

share on:
Wakil Bupati Nabire Menyerahkan Uang Transportasi yang Bebas – Jubi/Titus
Wakil Bupati Nabire Menyerahkan Uang Transportasi yang Bebas – Jubi/Titus

Nabire, Jubi – 98 Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Nabire menerima remisi pada Hari Kemerdekaan RI ke-71.

“Remisi diberikan berdasarkan penilaian administrasi dan lainnya termasuk kelakuan baik selama menjalani masa tahanan,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Nabire Yosep B. Yembise di Nabire, Rabu (17/8/2016).
Berdasarkan SK Kemenkumham No:W.30-310-PK.01.01.02 Tahun 2016 tentang Pemberian Remisi Umum 17 Agustus Tahun 2016 kepada Narapidana dan Anak Pidana, melalui kakanwil hukum dan HAM Provinsi Papua, dari ke-98 orang yang menerima remisi, satu orang langsung dinyatakan bebas.

“Khusus remisi umum 17 Agustus, kami bersyukur karena dari 98 yang diusulkan semuanya terjawab. 97 orang mendapat Remisi bulanan (RU.I ), dari satu hingga lima bulan dan satu orang bebas (RU.II ),” lanjut Yembise.

Richardo Gebze, warga binaan yang dinyatakan bebas kepada jubi mengatakan sangat senang dapat bebas pada hari kemerdekaan ini.

“Hari ini saya tinggalkan mereka (lapas). Saya ketemu mereka di sini di berbagai suku dan agama yang telah melanggar hukum. Sisini saya bisa tahu berdoa dan mendapat bimbingan yang menjadi modal buat kembali bergabung dengan masyarakat di luar sana,” kata Gebze.

Pada kesempatan itu juga, wakil Bupati Nabire menyerahkan bantuan biaya transportasi sebesar Rp1 juta dari Pemprov Papua dan hasil tabungan Gerakan Narapidana Menabung (Gernabung) sebesar Rp800 ribu hasil tabungan narapidana yang bebas saat itu.

“Kemerdekaan hendaknya menjadi milik segenap lapisan masyarakat termasuk warga binaan yang merupakan bagian dari warga negara yang memiliki hak dan harus di hormati,” kata Wakil Bupati Nabire, Amrullah Hasyim, Rabu (17/8/2016).

Hasyim berharap narapidana Lapas Nabire agar selalu bersikap baik dan sopan serta meningkatkan imam dan taqwa juga mengembangkan dan melatih diri agar saat keluar bisa menjauhi hal hal yang akan merugikan diri sendiri. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  98 Narapidana Lapas Nabire Terima Remisi