Calon Independen Lebih Menjanjikan

share on:
pilkada serentak 2017 - Jubi/IST
pilkada serentak 2017 – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Orwan Tolli Wonne menyatakan, calon pasangan kepala daerah dari jalur independen lebih menjanjikan.

Ia mengatakan, maju secara independen dalam Pilkada juga bisa menghemat anggaran pasangan kepala daerah. Tak perlu mengeluarkan anggaran untuk mendapat dukungan partai.

“Ketika nanti pasangan itu terpilih, tak ada intervensi politik dari partai. Tak ada deal-deal politik dengan partai yang harus mereka penuhi. Ini memang bukan jaminan, namun kemungkinannya kecil. Mereka bisa fokus membangun daerahnya,” kata Orwan kepada Jubi, Selasa (16/8/2016).

Namun kata dia, ini semua kembali kepada masyarakat apakah paham akan hal itu atau tidak. Hanya saja lanjut dia, tak dipungkiri pasangan calon yang diusung partai politik (parpol) lebih diunggulkan. Salah satu alasannya, pasangan kandidat yang diusung parpol tentu dibackup orang-orang politik yang sudah berpengalaman dalam pertarungan politik. Baik di Pilpres, Pileg hingga Pilkada.

“Tapi sebenarnya maju secara independen itu positif. Memang kandidat yang didukung parpol diunggulkan, namun bukan berarti calon independen tak bisa menang. Bupati Supiori kini sudah membuktikan itu dalam Pilkada 2015 lalu,” ucapnya.

Mengenai minimnya calon pasangan kepala daerah dari jalur independen yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2017 mendatang, Orwan menduga disebabkan beberapa hal diantaranya, persyaratan calon independen yang kini lebih rumit dibanding Pilkada-Pilkada sebelumnya.

Pekan lalu, Ketua KPU Papua, Adam Arisoy mengatakan, sebanyak empat calon jalur perseorangan atau independen mendaftar di empat KPUD di Papua untuk Pilkada serentak 2017.

“Pendaftaran dimulai 6 Agustus lalu. Sudah ada empat pasangan calon independen yang mendaftar,” kata Adam kala itu.
Katanya, empat KPUD yang telah menerima pendaftaran calon perseorangan yakni KPUD Dogiyai, KPUD Yapen, KPUD Intan Jaya, KPUD Kabupaten Jayapura. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Calon Independen Lebih Menjanjikan