Kapolres Yahukimo Akan Selidiki Pengibar Bintang Kejora di Dekai

share on:
Bendera Bintang Kejora yang dikibarkan di halaman SMP Negeri I Dekai - Jubi/Piter Lokon
Bendera Bintang Kejora yang dikibarkan di halaman SMP Negeri I Dekai – Jubi/Piter Lokon

Jayapura, Jubi – Kepala Polisi Resort Yahukimo, Kompol Anthoni B. Maring, mengatakan akan mengerahkan petugasnya untuk menemukan pelaku pengibaran Bintang Kejora, bendera organisasi perjuangan kemerdekaan Papua, di halaman dua sekolah di Dekai, pada Rabu (17/8/2016).

“Kami belum ketahui pelakunya,” kata Kompol Maring kepada Jubi di Dekai, Rabu siang. “Kami akan lakukan lidik dan sidik,” ucapnya.

Kompol Anthoni menjelaskan, dalam rangka menyambut HUT RI ke-71 ini, pihaknya telah melakukan patroli rutin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk pengibaran Bintang Kejora. Ia tak menduga hal tersebut akan terjadi.

“Dari jauh-jauh hari, menjelang 17 Agustus, kami lakukan berbagai upaya agar jangan sampai terjadi hal-hal seperti itu. Ada patroli kami tapi ada saja cela-cela yang terjadi untuk menaikkan BK,” ucapnya.

Kompol Anthoni mengatakan BK tersebut ditemukan oleh aparatnya yang melakukan patroli sejak malam hingga Rabu pagi, pukul 6 waktu setempat. “Ada ditemukan BK di dua sekolah, saat itu juga kami turunkan. Dua BK adalah sablonan dengan ukuran 90×60 cm,” katanya.

Laporan Kontributor Jubi dari Dekai pada Rabu pagi mengatakan dua bendera Bintang Kejora dikibarkan dihalaman SMP Negeri 1 Dekai dan SMA Negeri 1 Dekai.

Baca: Jelang HUT RI Ke-71, Bintang Kejora Berkibar Di Dua Sekolah Yahukimo

Sebagian pelajar dari sekolah tersebut diizinkan pulang oleh pihak sekolah karena alasan ketidaknyamanan.

“Siswa kami panik, mereka takut, banyak polisi yang pantau-pantau di sekolah jadi kami pulangkan mereka. Nanti ada beberapa guru yang akan pergi ikut upacara 17 Agustus mewakili sekolah di kantor bupati. Kalau situasi aman, dan memungkinkan, baru kami bisa bawa siswa tapi sebagian sudah pulang,” kata Kepala SMP Negeri 1 Dekai, Yan Makomirin kepada Jubi. (Piter Lokon)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kapolres Yahukimo Akan Selidiki Pengibar Bintang Kejora di Dekai