Noken Merah Putih Terpanjang Masuk Rekor Muri

share on:

Noken merah putih sepanjang 15 meter dengan lebar 10 meter yang dibuat 15 mama Papua yang masuk dalam rekor MURI – Jubi/Engel Wally
Noken merah putih sepanjang 15 meter dengan lebar 10 meter yang dibuat 15 mama Papua yang masuk dalam rekor MURI – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Noken merah putih terpanjang di masuk dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada peringatan HUT ke-71 kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2016).

Noken sepanjang 15 meter dengan lebar 10 meter yang dibuat 15 mama Papua di Kampung Homfolo (Simporo), Distrik bungfaw, Kabupaten Jayapura itu dibuat selama sebulan lamanya.

Inisiator pembuatan noken terpanjang, Milka Mehue, usai menerima pengharagaan MURI mengatakan pembuatan noken terpanjang didasari kebiasaan dan adat istiadat masyarakat Papua umumnya, Sentani pada khususnya.

Noken merupakan tas tradisional Papua yang dibuat dari serat kulit kayu pilihan untuk membawa hasil kebun dan mengisi barang-barang yang hendak dibawa ke pasar. Noken juga sudah diakui dan didaftarkan di UNESCO tahun 2014.

“Noken digunakan turun-temurun di Papua dan Sentani. Bahkan sampai saat ini digunakan untuk mengisi barang-barang atau hasil kebun seperti pisang, keladi, sagu dan sayur-mayur,” katanya.

Menurutnya mereka memilih warna merah putih pada noken tersebut untuk menghormati HUT kemerdekaan RI tahun ini.

“Noken tersebut dianyam atau dirajut menggunakan tali dari kulit kayu yang sifatnya transparan. Jadi, barang yang diisi dalam noken terlihat dengan jelas. Ini gambaran keterbukaan yang harus ditanamkan dan dilaksanakan. Tidak hanya itu noken mengandung banyak nilai, seperti ekonomi, pendidikan dan lain-lain,” katanya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw memberikan apresiasi atas pembuatan noken tersebut. Menurutnya noken bagian dari karya-karya leluhur yang terus dilestarikan.

“Inilah karya-karya leluhur yang harus dilestarikan sebagai perwujudan jati diri kita sebagai masyarakat Papua secara umum tetapi juga di Kabupaten Jayapura,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Noken Merah Putih Terpanjang Masuk Rekor Muri