Ribuan Warga PNG Saksikan Pengibaran Bendera di Perbatasan Sota

share on:
Puluhan warga PNG yang sedang diperiksa di Pos Perbatasan Sota oleh aparat keamanan. Jubi/Frans L Kobun
Puluhan warga PNG yang sedang diperiksa di Pos Perbatasan Sota oleh aparat keamanan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Ribuan warga Negara Papua Nugini diundang Pemerintah Indonesia untuk menyaksikan secara langsung pengibaran Bendera Merah Putih di Ibukota Distrik Sota yang berbatasan langsung dengan negara tetangga tersebut.

Kapolsek Sota, Iptu Ma’aruf saat dihubungi Jubi Rabu (17/8/2016) mengungkapkan, sesuai kesepakatan awal, jumlah warga PNG yang datang adalah 3.000 orang. Namun, dikurangi menjadi 2.500 orang. “Kami belum melakukan pendataan kembali secara lengkap guna mengetahui jumlah yang datang,” ujar Kapolsek.

Itu dikarenakan mereka terus berdatangan dari beberapa kampung sekitar seperti Moyet, Mermer serta beberapa kampung lain. Mereka yang sudah datang, telah disiapkan tempat penampungan untuk beristirahat,” ujarnya.

Kapolsek menjelaskan umumnya warga yang datang dengan berjalan kaki, tetapi ada pula menggunakan sepeda. “Memang panitia memfasilitasi beberapa kampung sekitar mengangkut menggunakan speedboat. Karena transportasinya hanya dengan jalur laut,” katanya.

Warga PNG itu akan berada di Sota selama sehari, dan pada 18 Agustus sudah kembali ke negara asalnya. Selama di Sota, mereka menggunakan kartu pelintas batas, karena saat masuk ada pemeriksaan oleh TNI/Polri maupun petugas dari Kantor Imigrasi Kabupaten Merauke.

Ditambahkan, Pemerintah Indonesia masih memberikan kompensasi kepada warga PNG hingga 31 Agustus 2016, karena kemungkinan masih ada yang melakukan kunjungan kepada keluarga yang tinggal di Ibukota Distrik Sota dan sekitarnya.

Salah seorang Tokoh Masyarakat Merauke, Romanus Mbaraka yang dimintai komentarnya mengatakan, secara umum, masyarakat dari beberapa kampung di Negara PNG, masih memiliki hubungan keluarga dengan warga di Sota.

Olehnya, lanjut Mantan Bupati Merauke itu, tidak salah jika selain mengikuti HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, juga menjenguk keluarga sekaligus saling melepas rindu bersama. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ribuan Warga PNG Saksikan Pengibaran Bendera di Perbatasan Sota