32 Tahanan Kabur Belum Berhasil Ditangkap

share on:

Buka, Jubi – Polisi Papua Nugini berhasil menangkap kembali empat tahanan yang kabur dari markas polisi di Buka, Papua Nugini. Sementara, satu orang tahanan lainnya menyerahkan diri setelah lelah berada dalam situasi pengejaran aparat. 

Tahanan kabur dari Markas Polisi Buka, PNG/postcourier.com.pg
Tahanan kabur dari Markas Polisi Buka, PNG/postcourier.com.pg

Polisi masih mengejar 32 tahanan kabur lainnya yang diduga masih bersembunyi di berbagai tempat.

Dikutip dari postcourier.com.pg pada Kamis (18/8/2016), para tahanan kabur dari markas setelah sebelumnya terjadi kerusuhan pada Sabtu pagi pekan lalu.

Para tahanan menghuni dua blok sel tahanan yang ada dalam markas.

Dalam waktu singkat, mereka menyerang dan melukai aparat polisi hingga bisa membobol pintu tahanan dan lalu melarikan diri ke luar markas.

Dalam kejadian itu, jumlah tahanan kabur sebanyak 37 dari 71 total tahanan yang ditahan di markas. Sisanya, kini dalam penjagaan ketat aparat.

Dua polisi mengalami luka serius dalam kejadian itu, adalah Jirey Teyo dan Raymond Korekua. Keduanya sedang berada di ruang depan markas ketika para tahanan menyerang mereka.

Para tahanan ini memanfaatkan waktu makan siang ketika para penjaga mendistribusikan makanan kepada mereka. Sesaat ketika penjaga membuka kunci pintu, mereka serempak menyerangnya hingga tak berdaya.

Markas polisi Buka dikenal tak hanya karena memiliki ruang tahanan yang luas, melainkan juga bisa berfungsi sebagai lembaga pemasyarakatan karena banyaknya narapidana kelas berat dan residivis yang dititipkan di maskas tersebut.

Komandan polisi provinsi, Inspektur Spencer Aili mengimbau masyarakat untuk membantu polisi mencari informasi keberadaan para tahanan kabur.

Ia mengatakan, dari 37 tahanan yang kabur itu terdiri dari tahanan titipan dari pengadilan pusat dan dari pengadilan distrik.

Jenis kejahatan yang mereka lakukan mayoritas adalah kasus pembunuhan, kasus pemerkosaan, kasus pencurian, dan kasus penyalahgunaan narkoba. (*)

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  32 Tahanan Kabur Belum Berhasil Ditangkap