Anak-Anak Yakyu Berlatih Calistung Bersama Satgas Pamtas

share on:
Ilustrasi - IST
Ilustrasi – IST

Merauke, Jubi – Anggota Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif 407/Pandakusuma membuka kelas belajar bagi anak-anak usia sekolah di Dusun Yakyu, daerah terisolasi di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

“Masyarakat di Yakyu, khususnya anak-anak usia sekolah kita latih untuk mengenal membaca, menulis dan berhitung (calistung). Di sini belum ada sekolah TK atau SD,” kata Dansatgas Pamtas RI – PNG Yonif 407/Padma Kusuma Letkol Inf Abi Kusnianto di Merauke, Kamis (18/8/2016).

Menurut dia, para anggota yang bertugas mengamankan perbatasan RI PNG di Dusun Yaky juga dibekali ilmu keguruan melalui pelatihan pelatihan sehingga mereka bisa membantu penduduk dengan membuka kelas belajar di pos.

“Kami membekali diri dengan pelatihan bagaimana menjadi seorang guru karena tidak semua orang bisa menjadi guru dan melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal sehingga walaupun di sini tidak ada fasilitas pendidikan, kita tetap membantu masyarakat,” katanya.

Ketua RT- 03 Dusun Yakyu Waile Baiyau Mawa, mengatakan keberadaan mereka di dusun itu baru enam tahun sehingga mereka sangat membutuhkan sentuhan dari pemerintah kabupaten.

“Kita harapkan bantuan dari pemerintah daerah seperti bantuan CSR yang sudah diberikan berupa bangunan gedung gereja. Bantuan yang pertama kali itu baru sensor (gergaji mesin) satu saja,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa hingga kini penduduk di Dusun Yakyu berjumlah 85 orang dari 23 Kelapa Keluarga (KK).

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Anak-Anak Yakyu Berlatih Calistung Bersama Satgas Pamtas