Kantor Arpusda Kota Yogya Terbaik Se-Nasional

share on:
Perpustakaan Kota Yogyakarta - IST
Perpustakaan Kota Yogyakarta – IST

Yogyakarta, Jubi – Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta ditetapkan sebagai Lembaga Kearsipan Daerah teladan terbaik tingkat nasional oleh Arsip Nasional Republik Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan prestasi yang sangat baik. Kami memperoleh penghargaan dari hasil kerja keras semua pihak,” kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Kamis (18/8/2016).

Menurut dia, prestasi tersebut menunjukkan bahwa Kantor Arpusda Kota Yogyakarta selangkah lebih maju dibanding daerah lain dalam sarana dan prasarana kearsipan, maupun dalam berbagai kegiatan untuk menunjang pengelolaan arsip yang lebih baik.

Ia menjelaskan bahwa arsip yang dimiliki Kota Yogyakarta sudah disimpan dengan cara yang baik, di antaranya penyimpanan arsip vital, serta depo arsip dinamis dan statis yang sudah disusun berdasarkan standar kearsipan.

Kantor Arpusda Kota Yogyakarta juga menggelar lomba pengelolaan arsip antarsatuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta guna meningkatkan kesadaran pengelolaan arsip.

Lomba tersebut, menurutnya, cukup efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kearsipan sehingga arsiparis yang ada di tiap SKPD semakin kompeten, andal, berdedikasi dan bekerja dengan baik.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih Kantor Arpusda Kota Yogyakarta karena menjadi terbaik tingkat nasional.

“Kearsipan adalah suatu proses yang dimulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, penyimpanan dan pemeliharaan dengan sistem tertentu,” katanya sambil berharap Kantor Arpusda dapat mempertahankan prestasi tersebut dari tahun ke tahun.

Arsip Nasional Republik Indonesia memberikan penghargaan tersebut berdasarkan hasil penilaian terhadap delapan aspek yang meliputi kebijakan, pembinaan, pengelolaan arsip dinamis, arsip vital dan arsip statis, serta sumber daya manusia.

Penilaian dilakukan sejak April berdasarkan hasil laporan dari Kantor Arpusda Kota Yogyakarta dan penilaian langsung ke lapangan untuk memastikan bahwa seluruh program berjalan dengan baik.

Penilaian tidak hanya dilakukan di Kantor Arpusda Kota Yogyakarta saja tetapi juga di beberapa SKPD seperti Dinas Perizinan, Kantor Kelurahan Ngupasan, Puskesmas Jetis dan SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kantor Arpusda Kota Yogya Terbaik Se-Nasional