Kelompok Pro Kemerdekaan Yakin Menang Pemilu

share on:

Papeete, Jubi – Pemimpin kelompok pro kemerdekaan French Polynesia, Oscar Temaru yakin akan memenangi pemilihan umum tahun depan. Jika partainya menang, maka Tahiti bisa mendeklarasikan kemerdekaannya dari Prancis.

Temaru menyampaikan pernyataan itu dalam sebuah konferensi pers di Tahiti, Rabu (17/8/2016). Ia mengatakan bahwa dirinya kini tengah memperkuat konsolidasi dukungan agar dirinya bisa masuk sebagai kandidat dalam pemilu.

Oscar Temaru/radionz.co.nz
Oscar Temaru/radionz.co.nz

Targetnya hanya untuk menang di Tahiti hingga meraih kemerdekaannya.

Hampir 40 tahun, Prancis memberikan otonomi bagi Tahiti atau French Polynesia.

Namun, Temaru menilai bahwa otonomi itu telah gagal membawa penduduk Tahiti meraih kesejahteraannya.

“Puluhan ribu penduduk tidak memiliki pekerjaan sebagai hasil dari sistem warisan kolonialisme,” tuturnya.

Temaru dan partainya juga tengah aktif mengampanyekan petisi mengakhiri aktivitas tambang di Tahiti oleh perusahaan-perusahaan multinasional dari Eropa. Akhir pekan ini, Temaru akan pergi ke Paris untuk membahas persiapan pemilu di negara koloni Prancis itu.

Seperti diberitakan, kelompok gereja Protestan Tahiti mendesak Prancis bertanggungjawab atas korban terdampak dari ujicoba senjata nuklir yang dilakukan Prancis di masa lalu.

Kelompok gereja ini mendesak adanya referendum kemerdekaan dari Prancis.

Setelah dari Paris, Temaru akan mengunjungi Kazakhstan yang merupakan negara terdampak ujicoba senjata nuklir Uni Soviet sebanyak 456 kali. (*)

 

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kelompok Pro Kemerdekaan Yakin Menang Pemilu