PNG Bagi Jatah Saham Rio Tinto untuk Masyarakat Lokal

share on:

Port Moresby, Jubi – Pemerintah Papua Nugini akan membagikan jatah saham yang diberikan perusahaan tambang Rio Tinto kepada masyarakat di daerah Bougainville yang selama ini kebagian lahan rusak akibat aktivitas penambangan.

Tambang Panguna/RNZI
Tambang Panguna/RNZI

Perdana Menteri PNG, Peter O’Neill mengatakan kepada parlemen bahwa ia mengerti dan prihatin terhadap penderitaan yang dialami masyarakat Bougainville akibat aktivitas penambangan selama ini dan arti penting lahan itu bagi masyarakat yang sangat penting.

Saham di perusahaan Bougainville Copper Ltd yang telah menutup lahan tambang di Panguna, akan memastikan pemerintah menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan.

Kepala daerah otonom Bougainville, John Momis telah menyatakan desakannya atas jatah saham bagi masyarakat yang lebih besar sejak beberapa pekan terakhir.

Momis juga mengancam Rio Tinto dan pemerintah pusat jika tidak juga memberikan jatah adil bagi masyarakat.

Momis keberatan dengan sikap Rio Tinto yang pergi begitu saja tanpa mengembalikan fungsi lahan setelah dirusak oleh aktivitas penambangan.

Rio Tinto dituding meninggalkan masalah sosial dan juga masalah lingkungan di Bougainville.

Kesungguhan niat pemerintah pusat itu kembali ditegaskan O’Neill kepada parlemen. Ia mengatakan bahwa pemerintahnya serius ingin memberdayakan masyarakat lokal di Bougainville dengan cara memberikannya kewenangan lebih besar dan kepemilikan saham yang lebih besar pula di perusahaan.

Masyarakat Bougainville marah ketika Rio Tinto menolak bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan di tambang Panguna.

Tambang tembaga di Panguna itu telah memicu perang sipil pada tahun 1990-an dan meninggalkan kerusakan alam hingga sekarang.

Setelah Rio Tinto hengkang, pemerintah Bougainville berharap membuka kembali tambang itu sebagai cara memperoleh pendapatan setelah mereka bisa merdeka dari Papua Nugini yang akan ditentukan dalam referendum pada tahun 2019 nanti. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PNG Bagi Jatah Saham Rio Tinto untuk Masyarakat Lokal