Stop Menamakan Diri Pengusaha OAP untuk Jual Proyek

share on:
Anggota Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau - Jubi/Doc
Anggota Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Anggota Komisi IV DPR Papua bidang infrastruktur mengingatkan oknum-oknum pengusaha asli Papua “nakal” tak selalu mengatasnamakan diri pengusaha Orang Asli Papua (OAP) untuk mendapatkan proyek kemudian menjualnya kembali ke pihak lain.

Ia mengatakan, jangan selalu mengatasnamakan diri anak asli Papua untuk mencari keuntungan melalui proyek yang dipercayakan pemerintah dengan cara-cara tak baik. Katanya, terkadang ada pengusaha asli Papua yang mendapat pekerjaan, namun tak mengerjakan proyek itu. Tapi ia menjual kembali ke pihak ketiga.

“Hal-hal seperti Ini yang menyebabkan orang tak percaya. Saya mendukung pengusaha asli Papua, tapi bukan dengan cara cari proyek kemudian dijual kembali ke kontraktor lain. Stop jual proyek. Jangan terus mengatasnamakan diri anak daerah hanya untuk dapat proyek dan dijual kembali,” kata Thomas Sondegau kepada Jubi, Kamis (18/8/2016).

Menurutnya, Pemprov Papua dan DPR Papua juga berupaya agar orang asli Papua bisa bersaing dan mendapat kepercayaan diberbagai bidang, termasuk pekerjaan konstruksi dan pengadaan barang. Namun jika kondisinya seperti itu, tentu tak dibenarkan.

“Kalau seperti itu bagaimana mau diperjuangkan. Memang harus diakui ada juga pengusaha asli Papua yang benar-benar bekerja. Mengerjakan proyek yang dipercayakan kepadanya. Namun ada juga yang hanya cari proyek untuk dijual kembali,” ucapnya.

Katanya, jika memang belum mampu mengerjakan proyek, sebaiknya jangan menerima pekerjaan itu. Namun berikan kepada pihak yang mampu melaksanakan kepercayaan yang diberikan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur.

“Banyak yang bisa kerja. Tak harus orang asli Papua. Non Papua pun kalau dia bisa menjaga kepercayaan yang diberikan, tak masalah. Memang keberpihakan kepada pengusaha asli Papua penting, namun kalau oknum-oknum hanya jual-jual proyek ini juga perlu dipertimbangkan,” katanya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe berupaya mendorong pengusaha asli Papua menyiapkan diri agar mampu bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Ia mengapresiasi pengusaha asli Papua yang mulai berkembang dan berpikir untuk maju.

“Saya harap kedepan akan lebih banyak lagi pengusaha asli Papua yang sukses,” kata Gubernur Enembe beberapa waktu lalu. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Stop Menamakan Diri Pengusaha OAP untuk Jual Proyek