Tonga dan Tiongkok Terapkan Bebas Visa

share on:

Tonga, Jubi – Republik Monarki Tonga dan Republik Rakyat Tiongkok perkuat kerjasama dengan membebaskan visa bagi penduduk Tiongkok yang berkunjung ke Tonga.

Bendera Tiongkok dan Tonga/crossed-flag-pins.com
Bendera Tiongkok dan Tonga/crossed-flag-pins.com

Ketentuan itu akan mulai berlaku pada Jumat (18/8/2016) atau dua bulan setelah kesepakatan mengenai hal itu ditandatangani Perdana Menteri Tonga, Akilisi Pohiva dan Duta Besar Tiongkok untuk Tonga.

Ketentuan bebas visa itu berlaku bagi pengunjung yang tinggal di Tonga tidak melebihi batas waktu selama 30 hari.

Visa ini juga tidak berlaku bagi penduduk yang ingin tinggal untuk keperluan studi atau bekerja. Mereka harus tetap mengurus perizinan tinggal khusus.

Pemerintah kedua negara menerapkan hal ini mengingat tingginya minat Tonga untuk menarik wisatawan dari Tiongkok.

Laporan itu tidak menyebutkan jumlah wisatawan secara detail, namun berdasarkan sensus tahun 2011, ada kurang lebih 800 warga negara Tiongkok yang tinggal di Tonga dari 103 ribu jumlah penduduk.

Untuk mempermudah pergerakan penduduk dari dan ke Tonga, Tiongkok telah meminta Australia dan Selandia Baru untuk mencabut ketentuan visa transit di kedua negara itu bagi penduduk Tiongkok atau Tonga.

Sebab, penerbangan dari dan ke Tonga belum ada yang langsung, melainkan harus transit di Australia atau Selandia Baru terlebih dahulu.

Republik Tonga berada di Oseania, yaitu kepulauan di perairan Pasifik selatan. Letaknya tepat di selatan kepulauan Samoa. Kepulauan ini terdiri dari 169 pulau di mana 36 pulau di antaranya tidak berpenduduk.

Daya tarik utama yang dimiliki negara ini yaitu keindahan alamnya yang mahsyur. Selain dari Tiongkok, banyak juga wisatawan dari Amerika dan Eropa.

Tahun lalu, Tonga menandatangani kesepakatan bebas visa dengan Uni Eropa. Mulai saat itu, penduduk Tonga tidak perlu membuat visa untuk berkunjung ke Uni Eropa kecuali Inggris dan Irlandia. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tonga dan Tiongkok Terapkan Bebas Visa