Daniel Pahabol Segera Dilantik Sebagai Penjabat Wali Kota

share on:
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen - Dok Jubi
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen – Dok Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe dalam waktu dekat akan melantik carateker/penjabat Wali Kota Jayapura. Setelah kurang lebih satu bulan jabatan ini dijalankan oleh Sekretaris Daerah, R.D Siahaya selaku pelaksana harian.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (19/8/2016) mengatakan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri mengenai Penjabat Wali Kota Jayapura sudah ada. Dimana Gubernur akan melakukan peelantik pada Selasa (23/8/2016).

“Pelantikan akan dilakukan oleh gubenur Papua Pukul 11.00 WIT, bertempat di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura,” katanya.

Sesuai SK Mendagri, Kepala Biro Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Negara Setda Papua, Daniel Pahabol telah ditunjuk untuk menjadi Penjabat Wali Kota Jayapura.

“Penunjukan Kepala Biro Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Negara Setda Papua, Daniel Pahabol sesuai dengan SK Mendagri,” ucapnya.

Sementara menyinggung mengenai usulan pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa dan Yakobus Britai, Hery Dosinaen menambahkan masih menunggu terbitnya SK Menteri Dalam Negeri.

“Kita sudah usul tapi lagi-lagi baru bisa dilantik kalau SK pelantikan dari Mendagri sudah turun. Saya harap pihak terkait bisa bersabar sambi menunggu turunnya SK Mendagri itu,” tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi telah mengusulkan tiga nama calon carateker Wali Kota Jayapura kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ketiga nama yang diajukan yakni Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Sekda Papua, Doren Wakerkwa, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Papua, Sendius Wonda dan Kepala Biro Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Negara Setda Papua, Daniel Pahabol.

“Kami sudah mengusulkan tiga nama. Kami masih tunggu salah satu diantaranya, siapa yang bakal ditunjuk,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe, Senin (15/8/2016).

Sambil menunggu hasil, ujar Enembe, pemerintah provinsi Papua telah mengeluarkan radiogram yang ditujukan oleh Pemerintah Kota Jayapura, yang menunjuk Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D Siahaya sebagai pelaksana harian.

“Pemprov telah menurunkan radiogram yang menugaskan Sekda Kota Jayapura sebagai Plh Wali Kota sambil menunggu penunjukan carataker Walikota Jayapura,” ucapnya. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Daniel Pahabol Segera Dilantik Sebagai Penjabat Wali Kota