Sejumlah Saluran Irigasi Pantai Utara Tangerang Rusak

share on:
Swasembada pangan di Tangerang terancam irigasi yang rusak - bantenpos.com
Swasembada pangan di Tangerang terancam irigasi yang rusak – bantenpos.com

Tangerang, Jubi – Aparat Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengakui sejumlah saluran irigasi, terutama di kawasan Pantai Utara, mengalami kerusakan sehingga dikhawatirkan swasembada pangan daerah itu mengalami kendala.

“Kami hanya memperbaiki saluran irigasi tersier yang langsung ke petak sawah petani,” kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Pemkab Tangerang, Endang Kosasih, di Tangerang, Jumat (19/8/2016).

Endang mengatakan pihaknya berupaya untuk memperbaiki saluran irigasi tapi hanya dalam skala kecil, karena saluran primer dan sekunder merupakan kewenangan Pemprov Banten dan pemerintah pusat.

Berdasarkan laporan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat, sawah petani di Pantai Utara mengalami kesulitan air karena saluran irigasi rusak. Bahkan air menuju sawah sudah hilang dalam perjalanan akibat sisi saluran di lokasi tertentu mengalami retak dan pecah.

Demikian pula pihaknya mendapatkan kabar dari para petani tentang kerusakan saluran irigasi sehingga menyebabkan produksi padi setiap musim panen terus berkurang.

Pihaknya mengharapkan kepada instansi terkait di Pemprov Banten untuk segera memperbaiki saluran irigasi primer dan sekunder.

Sebelumnya, Pengurus Forum Purna Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kabupaten Tangerang, mendesak Bupati Ahmed Zaki Iskandar untuk dapat mempertahankan lahan pertanian di Pantai Utara sebagai lumbung padi lokal.

Masalah tersebut karena saat ini sudah banyak lahan yang beralih fungsi menjadi pabrik, perumahan dan pergudangan.

Ketua Forum Purna-PPL Kabupaten Tangerang, Darman Hermansyah, mengatakan bila lahan pertanian terus berubah fungsi maka dikhawatirkan swasembada pangan lokal tidak tercapai.

Dia mengharapkan agar Bupati Tangerang mengeluarkan kebijakan untuk memproteksi lahan pertanian tersebut agar dapat dipertahankan. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sejumlah Saluran Irigasi Pantai Utara Tangerang Rusak