Masyarakat Adat Tetap Jadi Prioritas Pembangunan

share on:

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw – Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw – Jubi/Engel Wally
MartenSentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan bahwa masyatakat adat tetap menjadi prioritas pembangunan dalam masa kepemimpinannya.

“Jayapura baru yang kita maksud adalah, Jayapura yang dibangun dengan memanfaatkan potensi sumber daya alamnya. Jayapura yang mandiri dan bermartabat. Oleh karena itu, masyarakat adat yang harus mengambil perannya dengan baik,” katanya di Sentani, Sabtu (20/8/2016).

Masa akhir kepemimpinan beliau disebutnya fokus pada masyarakat adat. Hal ini dilakukan dengan menyaksikan pembentukan sejumlah kampung adat.

“Sudah banyak kampung adat yang kita bentuk dan lainnya sedang dalam persiapan. Ini menjadi tugas penting bagi masyatakat adat di tiap kampung karena sudah diberikan kewenangan penuh kepada mereka,” ujarnya.

Menurut tokoh masyarakat Sentani Frits Felle keberpihakan pemerintah daerah kepada masyarakat adat sangat penting. Namun keberpihakan ini juga harus benar-benar diterapkan.

“Secara jujur kita juga harus akui bahwa pembentukan kampung adat memang benar-benar belum final. Artinya, masih banyak masyarakat kita yang belum paham soal pemerintahan adat. Tetapi dengan sosialisasi dan pembentukan kampung adat secara terus-menerus, dengan sendirinya masyatakat akan paham,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masyarakat Adat Tetap Jadi Prioritas Pembangunan