PNG Naikkan Biaya Pendaftaran Kandidat Pemilu 400%

share on:

Port Moresby, Jubi – Papua Nugini meningkatkan biaya pendaftaran kandidat pemilihan umum sebesar 400 persen. Kenaikan biaya ini diterapkan untuk menekan defisit anggaran dan kekurangan dana pemilu yang akan berlangsung tahun depan.

Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neill/radionz.co.nz
Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill/radionz.co.nz

Hal itu diumumkan langsung oleh Perdana Menteri PNG, Peter O’Neill pada Minggu (21/8/2016). Seperti dikutip dari radionz.co.nz, kandidat pemilu nanti harus membayar sebesar 10.000 kina atau sekitar Rp 35 juta.

Sebelumnya, kandidat hanya perlu membayar sebesar 2.000 kina atau sekitar Rp 7 juta.

O’Neill mengatakan bahwa hal itu terpaksa dilakukan karena pemerintah berjuang keras untuk mengamankan dana pemilu tahun depan.

Namun, karena anggaran yang sangat terbatas, dan bahkan kekurangan, pemerintah terpaksa melakukan hal itu.

Keputusan itu menuai kritik dari pemimpin oposisi, Sam Basil. Menurut dia, kenaikan biaya pendaftaran itu hanya akan memberikan keistimewaan bagi siapapun yang mampu membayar 10.000 kina.

“Hal ini bisa berpengaruh pada hak warga negara untuk memilih kandidatnya,” ujar Sam.

Sementara, postcourier.com.pg melaporkan bahwa Komisi Pemilihan Umum PNG telah menggelar tender pengadaan barang dan jasa bagi keperluan pemilu tahun depan.

Proses tender sengaja dilakukan jauh hari agar KPU bisa bernegosiasi lebih panjang dan mendapatkan harga penawaran terendah.

Ketua KPU PNG Patilias Gamato mengatakan dengan menggelar tender lebih awal, mereka berharap dapat mengidentifikasi perusahaan-perusahaan potensial dari seluruh PNG.

“Jika daftarnya sudah disetujui panitia pengadaan, akan dikirimkan ulang ke KPU sehingga kami bisa negosiasi lagi dengan perusahaan yang telah disetujui panitia tersebut,” tuturnya.

Beberapa barang dan jasa yang ditenderkan yaitu pengadaan jasa carter helikopter, sewa mobil pribadi, motor, logistik udara, jasa konsultan, distribusi bahan bakar, percetakan, pergudangan, hotel, dan lainnya. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PNG Naikkan Biaya Pendaftaran Kandidat Pemilu 400%